Sederet Fitur Canggih Terbaru Telegram & Cara Aktifkannya

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
27 February 2021 15:01
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Telegram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi bertukar pesan saingan Whatsapp yakni Telegram terus aktif memperbarui kecanggihan aplikasinya. Kali ini merupakan update aplikasi keduanya di tahun 2021 setelah sebelumnya dilakukan pada Januari.

Dalam update terbarunya versi 7.5, Telegram menambahkan beberapa fitur baru. Berikut rinciannya:

1. Menghapus pesan otomatis. Penghapusan otomatis ini bisa dilakukan oleh seluruh pengguna aplikasi. Jeda waktu yang diberikan adalah 24 jam atau 7 hari setelah pesan dikirimkan.


Penghapusan pesan ini bisa dilakukan baik di obrolan pribadi maupun grup."Untuk mengaktifkan hapus otomatis, tekan dan tahan pesan mana saja> Pilih> Hapus Obrolan di sudut kiri atas," tulis keterangan update-an tersebut, dikutip Sabtu (27/2/2021).

2. Tautan atau link undangan grup dengan batas waktu yang terbatas. Pengguna bisa memberikan batas waktu berapa lama sebuah link undangan grup bisa berlaku dan bisa melihat anggota grup mana yang masuk grup dari link yang dibagikan. "Ubah tautan undangan apapun menjadi kode QR yang dapat dipindai pengguna dengan kamera ponsel mereka."

3. Kapasitas anggota yang tidak terbatas. Aplikasi bertukar pesan dari India ini juga dapat merubah grup dengan kapasitas anggota saat telah mencapai 200 ribu anggota, maka grup bisa diubah menjadi Broadcast Groups yang tidak terbatas.

4. Kemampuan impor obrolan dari aplikasi lain dengan kemampuan yang telah ditingkatkan"Simpan pesan diurutkan berdasarkan tanggal pengiriman aslinya saat memindahkan riwayat obrolan dari aplikasi lain," tulis Telegram.

Fitur ini hanya akan berfungsi dengan jika target obrolan di Telegram masih baru atau hanya memiliki kurang dari 1.000 pesan.

5. Widget khusus untuk pengguna aplikasi dengan sistem operasi (operating system/OS) iOS 14 di iPhone. Pengguna iPhone dengan iOS 14 dapat mengakses pesan langsung dari beranda dengan widget khusus yang disediakan Telegram. Widget ini diaktifkan dengan mengakses tekan dan tahan wallpaper di layar beranda> '+'> temukan Telegram.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading