Tiap 3 Minggu Sekali Apple Caplok Perusahaan Baru, Buat Apa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 February 2021 15:40
Apple Chief Executive Officer Tim Cook speaks at the Apple Worldwide Developer conference in San Jose, California, U.S., June 4, 2018.   REUTERS/Elijah Nouvelage

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak enam tahun terakhir, Apple mengakuisisi sekitar 100 perusahaan. Artinya tiap 3-4 minggu sekali ada satu perusahaan yang bergabung dengan raksasa teknologi itu.

Dalam rapat pemegang saham perusahaan, Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook mengatakan akuisisi dilakukan dengan tujuan pada teknologi dan talenta, dikutip BBC, Rabu (22/2/2021).

Salah satu pembelian terbesar adalah Beats Electronics seharga US$3 miliar atau setara Rp 42,2 triliun. Sebagai informasi perusahaan pembuat headphone ini didirikan oleh raper dan produser Dr.Dre.


Apple juga diketahui membeli perusahaan software untuk mengenali musik, Shazam. Akuisisi itu dilakukan pada 2018 lalu dengan nilai US$400 juta (Rp 5,6 triliun).

Akuisisi Apple ini dilakukan pada perusahaan teknologi berskala kecil dan nantinya akan memasukkan inovasi mereka pada produk-produk Apple. Hal ini pernah dilakukan untuk teknologiĀ Face ID.

Kontribusi teknologi Face ID diketahui berasal dari perusahaan penginderaan 3D asal Israel bernama PrimeSense.

Selain itu Apple memang mengakuisisi perusahaan dari berbagai industri mulai dari self-driving hingga podcast. Beberapa tahun lalu juga raksasa teknologi tersebut membeli beberapa perusahaan AI, bisnis virtual reality, bisnis podcast dan startup layanan pembayaran.

Tapi tak semudah itu sebuah perusahaan bisa dibeli Apple. Contohnya Elon Musk yang gagal merayu Tim Cook untuk membeli Tesla pada 2013.

Elon menceritakan jika dia pernah mendekati Tim Cook untuk membeli bisnis mobil listrik. Namun bos Apple tak menghadiri pertemuan tersebut.

Walaupun memiliki 100 perusahaan saat ini, nilai akuisisi Apple masih jauh terkendali dari pesaingnya di dunia teknologi. Sepuluh pembelian terbesar Apple masih bernilai jauh lebih rendah dibandingkan akuisisi yang dilakukan perusahaan lainnya.

Sebut saja Microsoft yang merogoh kocek US$26 miliar (Rp365,7 triliun) untuk Linkedin. Lalu ada Amazon membeli Whole Food senilai US$13,7 miliar (Rp 192,7 triliun) dan WhatsApp diakuisisi Facebook dengan US$19 miliar (Rp267,3 triliun).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading