Berkat iPhone 12, Apple Jadi Raja Ponsel Dunia Geser Samsung

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 February 2021 12:34
Ilustrasi Apple. (AP/Andy Wong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple berhasil menjadi raja smartphone dunia di kuartal IV-2020. Ini karena raksasa teknologi itu berhasil mengirimkan 80 juta unit smartphone di tengah pandemi Covid-19.

Ini merupakan data dari perusahaan riset Gartner. Dalam laporan itu disebutkan ini pertama kalinya Apple berada di puncak pasar smartphone dunia sejak 2016 menyingkirkan Samsung, mengutip CNBC International, Selasa (23/2/2021).

Gartner melaporkan tingginya pengiriman smartphone Apple disokong oleh permintaan iPhone 12 Series yang menawarkan kemampuan 5G dan desain baru, yang telah menjadi idola di pasar.


Laporan IDC yang dirilis bulan lalu menunjukkan Apple mengirimkan 90,1 juta ponsel pada kuartal V-2020. Dalam hal pengiriman smartphone, hasil itu satu-satunya kuartal terbaik untuk perusahaan mana pun, kata laporan IDC.

Apple tidak melaporkan penjualan unit untuk perangkatnya. Namun, perusahaan mengatakan pendapatan dari iPhone tumbuh sebesar 17% pada kuartal IV-2020 secara tahunan menjadi US$ 65,6 miliar.

Bisnis Apple bersifat musiman, dan kuartal yang berakhir pada Desember biasanya mencatatkan penjualan tertinggi perusahaan.

Menurut Gartnet, pengiriman smartphone global turun 5,4% pada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, sementara penjualan unit Apple tumbuh 3,3%.

Penurunan pengiriman terbesar datang dari Huawei, yang mengalami penurunan penjualan unit sebesar 24,1% pada tahun 2020 dampak sanksi AS yang telah menghambat bisnis smartphone mereka.

Samsung tidak menghadapi tantangan yang sama tetapi pengiriman turun 14,6% tahun lalu, menurut Gartner.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading