Ada 4 Varian Corona Bermutasi, Vaksinasi Kudu Tiap Tahun?

Tech - Thea F, CNBC Indonesia
17 February 2021 18:30
Anthony Fauci. (AP/Kevin Dietsch)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pakar penyakit menular Amerika Serikat, Anthony Stephen Fauci mengatakan ada kemungkinan vaksin Covid-19 bisa menjadi vaksin tahunan, sama halnya seperti vaksinasi flu.

"Kami berharap kami dapat mengatasi wabah khusus ini dan semua konsekuensinya di seluruh dunia dengan cara yang tidak memiliki ... siklus dari berbagai versi virus sehingga Anda harus menanganinya secara berbeda setiap tahun," kata Fauci dalam sebuah wawancara dengan Spectrum News pada Selasa (16/2/2021).

Fauci juga mengatakan bahwa dapat dibayangkan para ilmuwan kini sedang mengerjakan vaksin virus corona universal yang akan mengatasi semua varian virus SARS-CoV-2 tersebut.

Dilansir dari CNN International, setidaknya ada sejumlah varian baru yang muncul belakangan ini. Berikut empat teratas yang paling mengkhawatirkan:

- Varian B.1.1.7 pertama kali terlihat di Inggris. Menurut para ahli, tampaknya ditularkan dengan cara yang sama dengan virus versi sebelumnya, tetapi lebih menular dan mudah menyebar.

- Varian B.1.351 pertama kali terlihat di Afrika Selatan dan sejak itu telah dilaporkan di lebih dari 30 negara lain, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

- Varian P.1 diduga memicu kebangkitan penyebaran virus di Brasil. Sejak itu dilaporkan di AS dan Jepang, dibawa oleh para pelancong dari Brasil.

- Varia L452R terlihat di California serta selusin negara bagian lainnya. Para ahli masih menyelidiki sifat dari strain ini.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading