Developer Game Cyberpunk 2077 Kena Retas, Kamu Terdampak?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 February 2021 10:57
Dok Cyberpunk 2077

Jakarta, CNBC Indonesia - Game Sci-fi populer, Cyberpunk 2077 baru saja kena serangan siber. Pelaku berhasil mengakses jaringan internal, mengenkripsi server dan meninggalkan pesan untuk meminta tebusan.

"Walaupun sejumlah perangkat di jaringan kami telah terenkripsi, cadangan kami tetap utuh. Kami telah mengamankan kan infrastruktur IT dan mulai melakukan pemulihan data," kata pengembang game, CD Projekt dalam Twitternya, dikutip CNBC Internasional, Rabu (10/2/2021).

CD Projekt menegaskan tidak akan menyerah pada tuntutan para pelaku. Menurut perusahaan, permintaan tersebut bisa mengarahkan pada perilisan data yang dikompromikan.


Mereka juga mengatakan jika data yang berhasil didapatkan peretas merupakan data pribadi. Sejauh ini perusahaan telah menghubungi pihak penegak hukum, penyelidikan forensik IT, dan Presiden Kantor Perlindungan Data Pribadi Polandia atau UODO, Jan Nowak.

Juru Bicara UODO juga telah mengonfirmasi menerima kabar adanya peretasan data dari CD Projekt.

Selain itu pihak pengembang juga menambahkan melakukan sejumlah cara untuk memitigasi adanya konsekuensi karena masalah tersebut. "Khususnya dengan menjangkau pihak manapun yang terdampak atas kejadian itu," ungkap perusahaan.

Langkah tegas yang diambil CD Projekt dipuji Incident Response Lead Check Point EMEA dan APAC, Jon Niccols. Dia mengatakan jika setengah dari kejadian ransomware termasuk ancaman selalu merilis data yang berhasil dicuri.

Korban ransomware sendiri jumlahnya sudah sangat banyak. Menurutnya, rata-rata per 10 detik ada sebuah organisasi yang menjadi korban.

"Namun CD Projekt Red melakukan hal benar dengan menolak memberikan permintaan peretas," ungkapnya.

Sayangnya akibat peretasan itu, saham CD Projekt harus merosot 5,5%. Hal tersebut menambah penurunan sebanyak 30% yang diterima sejak Desember atau pada perilisan Cyberpunk lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading