Pandemi Covid Bisa Terkendali September 2021, Ini Syaratnya!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 February 2021 19:58
Aktivitas Anak-anak melakukan kegiatan belajar di luar sekolah di Kampung Belajar New Normal di Pinang Indah, Tangerang Kota, Banten, Jumat 19/6. Kampung Belajar New Normal ini didirikan untuk anak - anak yang ingin kembali bersekolah. Kurang lebih selama tiga bulan ini, anak-anak tinggal di rumah, belajar di rumah, karena pandemi virus corona atau Covid-19. Lamanya belajar di rumah, anak-anak pun mengalami kejenuhan dan ingin segera kembali ke sekolah bersama teman-teman. Kampung Belajar New Normal pun dianggap sebagai solusi mengusir kebosanan anak-anak belajar di rumah. kampung ini baru dibuat pada 15 Juni 2020 dan diresmikan oleh lurah setempat. Penggagas Kampung Belajar New Normal, Agung Agustianto menjelaskan mengenai metode belajar yang diterapkannya.

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan Pandemi Covid-19 bisa terkendali di Indonesia pada September 2021, bukan 10 tahun seperti perhitungan Bloomberg. Namun ada beberapa hal yang harus dipenuhi.

Hasil perhitungan ini diungkap oleh pakar epidemiologi FKM UI Pandu Riono melalui akun twitter pribadinya, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (9/2/2021).


"Prediksi Indonesia tuntaskan vaksinasi sampai 10 tahun bisa saja terjadi kalau TIDAK lakukan strategi vaksinasi yang cerdas & inovatif untuk kendalikan pandemi. Tim FKM UI buat simulasi strategi vaksinasi yang komprehensif. Kita bisa lebih cepat dengan strategi yang tepat," tulis Pandu Riono.

Dalam riset tesebut diungkapkan untuk mengendalikan pandemi maka perlu dilakukan vaksinasi kepada 39% penduduk atau sebanyak 70,98 juta dengan 141,96 juta dosis vaksin. Mengendalikan pandemi berbeda dengan herd immunity (kekebalan komunal) untuk capai itu perlu disuntikkan vaksin Covid-19 ke 181,2 juta penduduk.


Mengendalikan pandemi indikatornya adalah angka reproduksi efektif (Rt) turun dari 1,2 (saat ini) menjadi 0,9 (wabah terkendali). Wabah terkendali jika terjadi penurunan kasus baru secara konsisten.

Dalam riset tersebut terungkap untuk memvaksin 70,98 juta penduduk bisa dilakukan dalam 167 hari bila:

  • Jumlah vaksinator sebanyak 31.000 orang
  • Jumlah vaksinasi/vaksinator/hari mencapai 30 orang.
  • Jumlah vaksinasi mencapai 930 ribu suntikan per hari
  • Vaksinasi diberikan dua dosis dengan jeda 14 hari dan efek perlindungan optimal 14 hari setelah vaksin kedua.

"Hasil dapat lebih cepat dengan tambahan vaksin Pfizer, AstraZeneca, dan Novavax yang mempunyai efikasi lebih tinggi. Jika jumlah dan kapasitas vaksinator ditambah, pelibatan swasta dan kapasitas cold chain," jelas riset tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading