Bos Facebook Bicara Kebijakan Privasi WhatsApp, Apa Katanya?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 February 2021 07:00
FILE PHOTO: Facebook CEO Mark Zuckerberg, appears on stage during a town hall at Facebook's headquarters in Menlo Park, California, U.S., September 27, 2015.   REUTERS/Stephen Lam/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg akhirnya angkat suara soal kebijakan privasi baru WhatsApp. Ia mengungkapkan perubahan itu tidak mengubah privasi pesan siapa pun dengan teman dan keluarga.

Kebijakan privasi baru WhatsApp telah memicu kekhawatiran pengguna akan privasi data yang mereka miliki. Sebab dalam aturan ini WhatsApp akan dimungkinkan berbagai data dengan Facebook.

Bagi mereka yang sepakat dengan kebijakan privasi baru ini, WhatsApp mempersilakan pengguna untuk uninstall atau delete aplikasi dari perangkat smartphone.


Hal ini mendorong pengguna mempertimbangkan beralih ke kompetitor seperti Signal dan Telegram. Untuk menjelaskan aturan tersebut WhatsApp memilih menunda penerapannya dari sebelumnya 8 Februari menjadi 15 Mei 2021.

Dalam paparan kinerja keuangan kuartal IV-2020 pekan lalu, Mark Zuckerberg mengungkapkan Facebook memindahkan tanggal berlakunya kebijakan privasi baru WhatsApp untuk memberi semua orang waktu memahami apa arti pembaruan tersebut.

"Semua pesan dilindungi end-to-end encryption yang berarti kami tidak dapat melihat atau mendengar apa yang Anda katakan dan kami tidak akan pernah melakukan itu, kecuali orang Anda kirimi pesan memilih untuk membagikannya," ujar Mark Zuckerberg seperti dilansir dari Business Standard, Senin (1/2/2021).

"Pesan bisnis hanya akan di-hosting di infrastruktur Facebook jika bisnis memilih untuk melakukan itu."

Saat ini lebih dari 175 juta orang mengirimkan pesan ke akun WhatsApp Business setiap hari.

"Kami sedang membangun fitur baru guna lebih memudahkan bertransaksi dengan bisnis di aplikasi," tambah Mark Zuckerberg.

"Kami sedang membangun tool untuk memungkinkan bisnis menyimpan dan mengelola obrolan WhatsApp mereka menggunakan infrastruktur hosting aman Facebook jika mereka mau dan kami sedang dalam proses memperbarui kebijakan privasi WhatsApp dalam hal layanan untuk mencerminkan pengalaman opsional ini".

Infografis/Berlaku Di Bulan Mei, Ini kebijakan Privasi Baru Whatsapp/Aristya RahadianInfografis/Berlaku Di Bulan Mei, Ini kebijakan Privasi Baru Whatsapp/Aristya Rahadian

Bos Facebook Sebut iMessage Apple Ancam WhatsApp
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading