Thanks Elon Musk, Investor Bitcoin Cuan Rp 70 Juta Sejam

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 January 2021 19:00
elon musk

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk memang bisa mempengaruhi dunia dengan caranya sendiri. Sebab tak lama dia menambahkan tagar #bitcoin pada biodata Twitternya, harga uang digital itu langsung meroket 20%.

Harga Bitcoin tiba-tiba naik di Jumat dini hari 3:30 ET atau 15:30 WIB. Menurut data Coin Desk, nilainya bertambah US$5.000 atau setara Rp 70 juta dalam satu jam menjadi US$37.229 atau Rp521,3 jutaan.

Lalu dua jam kemudian Bitcoin diperdagangkan lebih tinggi 17% dalam 24 jam terakhir dengan US$36.600 atau Rp 512,5 jutaan. Penambahan tagar #bitcoin dilakukan bos SpaceX itu pada Jumat dini hari. Dia juga mengunggah tweet bernada samar saat itu.


"Dalam restropeksi, itu tidak dapat dihindari," tulis Elon Musk, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (29/1/2021).

Harga Bitcoin sempat naik gila-gilaan mencapai US$41.940 di awal Januari ini. Namun setelah itu nilainya terus menerus hingga uS$30 ribu pada minggu lalu.

Padahal selama tahun 2020, harga Bitcoin terus menanjak dan dikabarkan ini karena investasi institusional sebagai alasan fenomena tersebut. Nilai Bitcoin tahun ini masih tertinggal 13% dari harga tertingginya tapi menanjak 25% sejak awal 2021.

Sementara itu, bukan kali ini saja Twitter Elon Musk Jadi pendorong suatu fenomena unik. Sebelumnya tweet pemilik Tesla itu juga membuat harga saham GameStop semakin naik.

Saat itu dia hanya mengunggah tweet pendek 'GameStonk' namun dengan tambahan menakutkan ke komunitas Reddit, WallStreetBets.

Sebagai informasi Stonk merupakan plesetan dari stock atau saham. Istilah ini digunakan pengguna forum Reddit itu dan dianggap hanya bisa naik harga saham sehingga terdapat meme 'Stonks only go up'.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading