Mau Pandemi Covid-19 Berakhir di RI? Ini Resep dari Menkes

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 January 2021 19:28
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai merima Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan kunci penting penanganan pandemi Covid-19 adalah mengubah perilaku masyarakat. Perubahan itu berlaku sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 yang akan membedakan seluruh kehidupan.

Menurutnya ini masuk dalam pilar health ecosystem yang harus diperbaiki yaitu melihat sistem kesehatan publik di negara tersebut,

"Saya pakai contoh (peristiwa) 9/11 pesawat tabrak Twin Tower di New York, kita yang mengalami itu transportasi udara sangat berubah sebelum dan kejadian itu. Tapi manusia bisa beradaptasi yang tadinya enggak usah scanning enggak usah buka sepatu, miliaran manusia yang melakukan transportasi udara tiba-tiba jadi berubah protokol kehidupan," kata Budi, dalam webinar online, Rabu (27/1/2021).


Menurutnya untuk Covid-19 ada perubahan dan sosialisasi misalnya di pabrik, sekolah, restoran, nonton konser, belanja ke mall dan pasar.

Perubahan-perubahan itu bukan karena protokol keamanan tapi protokol kesehatan dengan protokol 3M (rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker). Dia mengingatkan jika ini bukan jadi program pemerintah namun jadi gerakan masyarakat.

"Saya perlu bantuan teman-teman untuk bisa meyakinkan seluruh komponen bangsa agar mau melakukan perubahan perilaku atau perubahan budaya. Kalau ini tidak beres satu kaki dari empat yang harus dilakukan pinang enggak akan selesai," kata dia.

Perbaikan lainnya adalah di sisi testing dan tracing. Keduanya menurut Budi berada di hulu atau jadi penyebabnya. Dia menegaskan jika permasalahan di hulu ini yang harus diperbaiki. Menurutnya merubah perilaku masyarakat ini tidak bisa dikerjakan dirinya sendiri.

Budi mengakui jika harus memberdayakan seluruh masyarakat dan secara bergotong royong, Jadi perbaikan kedua hal tersebut bisa dilakukan dengan benar.

"Yang mesti diberesin itu Hulu, sebab, nambal gentengnya. Merubah perilaku enggak bisa saya sendiri harus ajak semua orang. Testing tracing mesti diberesin," ujar Budi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading