Jangan Sembarang Klik, Virus Jahat Ini Menyebar via WhatsApp

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 January 2021 10:39
Infografis: WhatsApp Belum Benar-benar Aman

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna smartphone Android hati-hati bila meneruskan atau membalas pesan tak jelas. Pasalnya, ditemukan virus jahat malware yang menyebar ke kontak lain melalui pesan WhatsApp yang berkedok seperti kampanye adware.

Malware ini menyusup ketika pengguna Android di janjikan ponsel gratis dengan mengunduh aplikasi Huawei Mobile gratis lewat link yang disediakan. Saat link diklik pengguna diarahkan ke situs yang mirip seperti Google Play Store.

Bila pengguna memasang atau install aplikasi Huawei Mobile palsu itu, mereka diminta memberikan akses terhadap notifikasi yang kemudian digunakan untuk menjalankan serangan wormable.


Secara spesifik, malware ini mengincar akses untuk notifikasi agar bisa mengakses fitur quick reply milik WhatsApp yang memungkinkan pengguna membalas pesan yang diterima langsung dari notifikasi.

Selain meminta izin untuk membaca notifikasi, aplikasi ini meminta akses untuk berjalan di background serta menarik aplikasi lain yang kemungkinan dalam mencuri kredinsial dan informasi sensitif tambahan.

"Malware ini menyebar melalui WhatsApp korban secara otomatis melalui pesan notifikasi yang diterima dengan tautan ke sebuah aplikasi berbahaya Huawei Mobile," ujar peneliti ESET Lukas Stefanko, seperti dikutip dari The Hacker News, Rabu (27/1/2021).

Dalam versi terbarunya, kode malware itu hanya bisa mengirim pesan otomatis ke kontak WhatsApp namun tak menutup kemungkinan ke depannya fitur ini bisa diperbaharui oleh pengembang malware untuk mengakses aplikasi pertukaran pesan lainnya yang memiliki fitur quick reply.

Meskipun pesan hanya bisa dikirimkan satu kali per jam ke kontak yang sama, konten pesan atau tautan ke aplikasi diambil dari server jarak jauh, meningkatkan kemungkinan malware dapat digunakan untuk mendistribusikan situs atau aplikasi berbahaya lainnya.

"Saya tidak ingat membaca dan menganalisis malware android yang memiliki fungsi seperti ini untuk menyebar sendiri melalui pesan WhatsApp," kata Lukas Stefanko.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading