RI Mau Capai Herd Immunity Corona di 2022, Ini Syaratnya!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 January 2021 18:20
Penumpang KRL di Stasiun Manggarai (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia perlu menyuntikkan vaksin Covid-19 ke 181,5 juta penduduk untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Lantas kapan itu akan terlaksana?

Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan ada tantangan untuk mencapai angka tersebut. Dia menyebutkan adalah dosis harus mencukupi kepada 181,5 juta jiwa itu dan harus terpenuhi selama kurun waktu satu tahun.

"Tentunya merupakan upaya yang keras dilakukan dilakukan di Indonesia untuk bisa memenuhi 426 juta dosis vaksin yang artinya saat ini sambil menunggu vaksin Merah Putih untuk bisa memenuhi target dalam negeri kita," kata Siti Nadia dalam Webinar Business Challenges, Selasa (26/1/2021).


Selain itu menurutnya masih ada hoaks dan disinformasi di tengah masyarakat. Tantangan ini membuat pengertian yang salah kepada masyarakat. Ini bisa membuat masyarakat mendapat pengertian yang salah soal vaksin yang bisa bikin penolakan terhadap vaksin.
akat.

Terakhir adalah adanya penolakan dari masyarakat. Menurutnya orang yang menolak ini bisa membuat target kekebalan kelompok tidak tercapai. "Penolakan akan mengurangi cakupan yang nanti jadi target kekebalan kelompok bisa tidak tercapai," kata dia.

Lalu kapan herd immunity ini bisa tercapai? Siti Nadia menjelaskan bisa pada tahun 2022 apabila seluruh vaksin sudah tersedia di Indonesia sebelum Desember 2021 mendatang.

Dia menjelaskan vaksinasi pada 181,5 juta jiwa bisa dilakukan akhir Desember 2021. Namun kembali lagi mengingatkan itu bisa terjadi bila vaksin sudah hadir sebelum Desember.

Namun dia mengingatkan kekebalan kelompok tidak bisa langsung tersedia secara instan. Namun butuh waktu hingga 28 hari sampai antibodi terbentuk dan kekebalan kelompok bisa hadir.

"Jadi mengenai timing pasti kapan kekebalan kelompok terbentuk kita belum mengetahuinya," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading