Jangan Dekatkan iPhone 12 ke Alat Pacu Jantung Atau...

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2021 20:04
iPhone 12 & iPhone 12 mini (Official iPhone)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang dengan alat bantu medis seperti alat pacu jantung dan defibrillator perlu berhati-hati saat menggunakan iPhone 12 dan Magsafe. Apple baru saja merilis panduan bagi pengguna-pengguna tersebut.

Dalam panduannya, Apple menjelaskan jika iPhone 12 mengandung magnet serta komponen dan radio yang berisi elektromagnetik. Hal yang sama juga ada di dalam pengisian daya (charger) nirkabelnya, termasuk Magsafe Charger dan Magsafe Duo.

Magnet dan juga elektromagnetik ini dikatakan Apple dapat mengganggu perangkat medis yang digunakan. Perusahaan mengatakan alat seperti alat pacu jantung implan dan defibrillator kemungkinan berisi sensor yang akan merespons magnet dan radio saat berdekatan.


Apple mengingatkan bagi pengguna dengan alat-alat bantu tersebut untuk menggunakan iPhone 12 dan Magsafe dalam jarak yang aman.

"Jaga jarak aman iPhone dan Magsafe dari perangkat Anda (lebih dari 15 cm atau lebih dari 30 cm dari wireless charging). Namun konsultasikan dengan dokter dan produsen perangkat anda untuk pedoman khususnya," ungkap Apple dikutip Gizmodo, Senin (25/1/2021).

Apple mengatakan pengguna harus berkonsultasi dengan pihak dokter dan produsen perangkat medis untuk keperluan jarak aman menggunakan iPhone serta Magsafe dan alat bantu medis tersebut. Pihak perusahaan juga mengulangi keterangan tersebut dalam bagian informasi keselamatan di iPhone User Guide.

Sebagai informasi defibrillator merupakan perangkat untuk memulihkan detak jantung seseorang dengan mengirimkan denyut listrik ke jantung. Alat ini juga dapat mengembalikan detak jantung yang sempat terhenti.

Alat pacu jantung menggunakan denyut listrik untuk jantung berdetak pada kecepatan dan ritme yang normal. Selain itu juga membantu bilik jantung kembali berdetak secara bersamaan dengan begitu membuat jantung bisa memompa darah lebih efisien.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading