Gokil! Kereta Super Cepat China Ini melesat 620 Km/Jam

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 January 2021 17:34
Prototipe kereta debut China yang dapat mencapai kecepatan 620 kilometer per jam. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - China baru saja meluncurkan prototipe kereta super cepat menggunakan teknologi Maglev high-temperature superconducting (HTS). Kereta ini memiliki kecepatan 620 km/jam, menurut Southwest Jiaotong University, salah satu perancang kereta itu.

Pada acara peluncuran, lokomotif berwarna perak-hitam itu terlihat mengambang perlahan di sepanjang lintas.

"Meskipun teorinya terdengar bagus, di masa lalu semua orang melihat (teknologi Maglev HTS) sebagai mainan laboratorium, tanpa tes dalam situasi nyata," ujar Deng Zigang, deputi direktur pusat penelitian universitas untuk transportasi maglev berkecepatan tinggi, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (21/1/2021).


Kereta menggunakan teknologi Maglev HTS ini terlihat seolah-olah mengambang karena berdiri di atas magnet yang kuat untuk menghindari gesekan roda dengan rel. Ini dirancang untuk memecahkan hambatan kecepatan yang dihadapi kereta berkecepatan tinggi.

China merupakan rumah bagi jaringan rel kecepatan tinggi terbesar di dunia, yang membetang lebih dari 37.000 kilometer (km). Kereta api Maglev tercepat yang beroperasi secara komersial ada di Shanghai.

Kereta Maglev pertama itu berkecepatan 431 km/jam dioperasikan pada 2003. Kereta ini menghubungkan bandara Pudong Shanghai dan Jalan Longyang di sisi timur Shanghai.

Pembuatan prototipe ini menghabiskan investasi 60 juta yuan atau setara US$ 9,3 juta dikembangkan oleh Southwest Jiaotong University, China Railway Group Limited dan CRRS Corporation Limited.

"Teknologi HTS bisa membuat kereta bisa melayang tanpa listrik, dan bisa digerakkan hanya dengan satu tangan," ungkap Deng Zigang.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading