Airlangga Lapor Jokowi : Vaksinasi Nakes Selesai Februari

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 January 2021 15:19
Keterangan pers Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di kantor Presiden, (21/1/2021). (Tangkapan layar Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan bisa selesai pada Februari 2021 mendatang apabila tidak ada aral melintang.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Sudah dilaporkan ke Presiden, untuk pelayanan kesehatan sampai Februari diharapkan selesai," kata Airlangga, Kamis (21/1/2021).


Sebagai informasi, prioritas penerima vaksin telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 84/2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Dalam aturan itu, disebutkan bahwa prioritas penerima vaksin pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI, Polri, aparat hukum serta petugas pelayanan publik.

Selanjutnya, adalah tokoh masyarakat atau agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah kecamatan, perangkat desa, dan perangkat perangkat rukun tetangga atau rukun warga.

Selain itu, pemerintah akan mempersiapkan regulasi khusus program vaksinasi mandiri. Aturan ini nantinya akan menjadi dasar bagi sektor industri tertentu sebelum membeli vaksin.

"Ini akan mengatur pembelian pada sektor industri tertentu dan itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading