Disney+ Hotstar Vs Netflix, Siapa Jawara Streaming Film RI?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 January 2021 19:25
Disney jadi Penguasa pasar film terbesar dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Hanya dalam waktu empat bulan setelah diluncurkan di Indonesia, Disney+ Hotstar berhasil memiliki pelanggan lebih banyak dibandingkan Netflix. Ini adalah hasil penelitian perusahaan konsultan Media Partners Asia (MPA).

Menurut laporan per 16 Januari, Disney+ Hotstar menduduki peringkat pertama dengan perolehan 2,5 juta pelanggan di Indonesia. Setelahnya ada Viu memiliki 1,5 juta dan 1 juta pelanggan untuk Vidio. Sementara Netflix berada di urutan keempat dengan 850 ribu pelanggan saja, dikutip Hollywood Reporter, Rabu (20/1/2021).

Diluncurkan September di Indonesia, Disney+ Hotstar dilaporkan membantu menambah jumlah pelanggan streaming video-on-demand dalam negeri. Empat bulan lalu diperkirakan hanya 3,4 juta masyarakat yang membayar layanan tersebut dan per 16 Januari menjadi 7 juta atau naik 106%.


Wakil Presiden MPA, Anthony Dobson mengatakan pertumbuhan itu cukup menggembirakan namun masih ada jalan panjang. Dia juga mencatat hanya 10% rumah tangga di Indonesia yang berlangganan streaming.

"Seiring dengan akselerasi konten lokal dan Asia, akan ada tukang lingkup yang secara signifikan untuk tumbuh di masa depan," kata dia.

Langkah awal Disney+ Hotstar di Indonesia memang cukup baik. Layanan ini menggandeng raksasa telekomunikasi tanah air, Telkomsel dalam kemitraan eksklusif selama dua tahun.

Konten platform itu juga diisi lebih dari 250 film lokal tanah air. Selain itu juga mencakup konten dari nama besar seperti Disney, Fox, Marvel, Lucasfilm, Pixar dan National Geographic.

Hadirnya konten lokal juga menjadi daya tarik untuk pengguna Indonesia. Laporan itu juga menyebutkan 20% semua menit yang dikonsumsi pengguna Indonesia di Disney+ Hotstar pada bulan Desember adalah konten lokal.

Kalah di Indonesia, Netflix Berjaya di Global
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading