Kominfo Pastikan Destinasi Super Prioritas Dapat Jaringan 4G

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 January 2021 15:47
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (dok: Detik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kominfo memastikan jaringan 4G akan menyelimuti destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Selain itu juga menunjang seperti pelaku bisnis kecil menengah dan ultramikro serta pelatihan digital.

"Kominfo tentu di destination-nya untuk membantu kesiapan coverage 4G yang memadai baik kecepatannya maupun kualitas sinyal, dan berbagai sektor lain dalam rangka menunjang kepariwisataan, UMKMĀ dan ultra mikro serta pelatihan digital," kata Menteri Kominfo, Johnny Plate, Senin (18/1/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebutkan infrastruktur sudah menjadi hal yang penting di destinasi wisata. Menurutnya bukan lagi sebagai infrastruktur tambahan.


Dia beralasan saat masyarakat sampai di tempat liburan, perangkat ponsel-lah yang pertama kali dinyalakan dan ada ketergantungan dengan coverage sinyal.

"Karena begitu kita mendarat di lima destinasi super prioritas kita akan menyalakan smartphone dan akan sangat bergantung pada coverage sinyal," kata Sandiaga.

Sebagai informasi, lima destinasi super prioritas di Indonesia berada di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang dan Labuan Bajo.

Salah satunya adalah pembangunan 18 BTS di Kecamatan Labuan Bajo yang dilaporkan Direktur Utama BAKTI, Anang Latif pada November lalu. Dia menyebutkan jika total ada 21 BTS yang dibangun.

"BTS yang akan kami resmi kan ini adalah bagian dari program 21 pembangunan BTS untuk destinasi super prioritas, 18 diantaranya di provinsi NTT dan 3 provinsi NTB," kata Anang saat itu, dikutip laman resmi Kominfo.

Dari 18 BTS, 4 BTS berada di Kecamatan Komodo salah satunya di Desa Komodo yang jadi bagian Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Dengan kehadiran BTS ini, nyatanya bukan hanya untuk para wisatawan namun bisa dinikmati oleh masyarakat tempat dengan akses Internet gratis untuk pelayanan umum.

"Pak Kades menceritakan warga yang jaraknya 2 kilometer dari desa sini (Desa Komodo) mereka juga lebih mendapatkan internet gratis. Ini seolah membuat kita yang berada di lokasi yang sangat jauh menjadi hanya di depan mata," kata Anang.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading