Apes! Pria Ini Buang Hdd Berisi Bitcoin Senilai Rp 3,9 T

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
16 January 2021 20:05
infografis 10 mata uang digital terpopuler dunia dan kapitalisasi pasar  di atas US$ 1 miliar

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang pria Inggris yang secara tidak sengaja melemparkan hard drive yang berisi bitcoin ke tempat sampah telah menawarkan otoritas lokal tempat dia tinggal lebih dari US$ 70 juta atau sekitar Rp 1 triliun untuk menggali situs tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Dilansir CNN International, Pekerja IT James Howells menyingkirkan hard disk yang menjadi tempat penyimpanan digital 7.500 bitcoin antara Juni dan Agustus 2013. Ia awalnya menambang mata uang virtual empat tahun sebelumnya ketika nilainya kecil.

Tetapi ketika nilai cryptocurrency melonjak dan dia mencarinya, dia menemukan bahwa dia telah keliru membuang hard drive ke tong sampah. Sekarang, dengan bitcoin yang hilang melonjak lebih jauh, Howells telah mendekati Dewan Kota Newport di Wales untuk meminta izin untuk menggali bagian tertentu dari situs TPA di mana dia yakin hard drive itu berakhir. Sayangnya permintaannya pun ditolak.


"Saya menawarkan untuk menyumbangkan 25% atau US$ 71,7 juta ke kota Newport untuk didistribusikan ke semua penduduk lokal yang tinggal di Newport jika saya menemukan dan memulihkan bitcoin. Ini akan menghasilkan kira-kira US$ 239) per orang untuk seluruh kota (316k populasi). Sayangnya mereka menolak tawaran itu dan bahkan tidak akan berdiskusi langsung dengan saya tentang masalah ini." Kata Howell.

Meski begitu, Howell baru-baru ini mengklaim ia mungkin dapat mencari tahu lokasi hard drivenya berada, yang saat ini tertimbun diantara tumpukan sampah yang luas dan banyak.

"Rencananya akan menggali area spesifik dari TPA berdasarkan sistem referensi grid dan memulihkan hard drive sambil mematuhi semua standar keselamatan dan lingkungan. Drive tersebut kemudian akan disajikan kepada spesialis pemulihan data yang dapat membangun kembali drive dari awal dengan suku cadang baru dan mencoba untuk memulihkan data kecil yang saya perlukan untuk mengakses bitcoin." Ucapnya kepada CNN

Howells pertama kali menemukan bahwa hard drive hilang ketika bitcoin-nya itu bernilai sekitar US$ 9 juta. Berdasarkan tarif saat ini, dia memperkirakan nilainya sekitar $ 273 juta atau sekitar Rp 3,9 triliun.

Sementara itu harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa dalam beberapa hari terakhir dan sekarang diperdagangkan di sekitar US$ 37.000 per kepingnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading