Michelle Obama Minta Semua Medsos Trump Diblokir Selamanya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 January 2021 10:51
michelle obama

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama minta para media sosial bisa memblokir Donald Trump selamanya. Menurutnya ini jadi saat untuk Facebook Cs bisa menghentikan perilaku mengerikan dari presiden AS itu.

"Ini saatnya untuk perusahaan Silicon Valley bisa berhenti mengaktifkan perilaku mengerikan ini dan lebih jauh untuk melarangnya secara permanen dari platform mereka," kata Michelle Obama di akun Twitter, dikutip CNBC Internasional, Jumat (8/1/2021).

Dia menambahkan untuk perusahaan media sosial juga memberlakukan kebijakan untuk mencegah teknologi digunakan para pemimpin yang bisa memicu pemberontakan.


Michelle Obama juga membahas soal perbedaan perlakuan kepada para perusuh di Capitol dengan pengunjuk rasa Black Live Matters beberapa waktu lalu. Tak lupa dia mengingatkan masyarakat Amerika memberikan presiden dan wakil presiden terpilih berikutnya, Joe Biden dan Kamala Harris kesempatan.

Setelah rusuh di AS, sejumlah media sosial akhirnya memberlakukan sejumlah hukuman baik untuk Trump atau terkait klaim kebohongan pada pemilu. Misalnya Facebook yang mengunci akun Trump selama 24 jam tak lama setelah perusuh bergerak atas klaim penipuan pemilihan presiden sebelumnya.

Instagram juga melakukan penguncian pada akun Trump. Menurut Facebook, kebijakan itu membuat Trump tidak bisa mengunggah konten apapun selama 24 jam.

Sementara itu Twitter menangguhkan sementara akun Trump pada hari Rabu waktu setempat. Namun hukuman hanya berlangsung 12 jam setelah Trump mengunggah tweet soal pelanggaran kebijakan sipil perusahaan yang akhirnya dihapus.

Namun Twitter juga mengancam jika Trump terus-terusan melakukan pelanggaran atas aturan platform, perusahaan tak segan untuk menutup akun rsminya,

"Akan mensuspen secara permanen akun @realDonaldTrump," kata pihak Twitter.

Sedangkan platform berbagi video milik Google, Youtube melakukan pembatasan pada kanal yang mengunggah konten berisi pemilu palsu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading