Top Endorgan! Turki Uji Coba Uang Digital Lira di 2021

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 December 2020 11:12
FILE PHOTO: Turkish Lira banknotes are seen in this October 10, 2017 picture illustration. REUTERS/Murad Sezer/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Turki berencana menguji coba uang digital Lira yang diterbitkan bank sentral pada tahun depan. Kabar tersebut datang dari kepala bank sentral setempat, Naci Agbal kepada anggota parlemen minggu lalu.

Sejumlah media setempat mengutip pernyataan Agbal yang mengatakan jika Turki akan mengadakan uji coba Lira digital pada paruh kedua tahun 2021 mendatang.

"Terdapat R&D yang dimulai untuk uang digital. Sekarang fase konseptual pada proyek ini telah selesai. Kami menginginkan untuk bisa uji coba pada paruh kedua tahun 2021," kata Agbal dikutip Coin Desk, Selasa (29/12/2020).


Laporan ini cukup mengejutkan sebab tak pernah ada kabar jika Turki akan membuat mata uang digital. Bank for International Settlements yang dikenal sebagai bank untuk bank sentral juga tidak memiliki catatan negara itu sedang mengerjakan proyek CDBC atau Central Bank Digital Currency.

Namun sebelumnya bocoran kabar itu pernah datang dari outlet crypto lokal Koin Bulteni. Di bulan September dilaporkan jika Bank Sentral Turki merekrut sejumlah ahli untuk tim riset dan pengembang uang digitalnya.

Langkah Turki ini mengikuti China yang sebelumnya sudah memiliki Yuan Digital. Negara itu telah menyelesaikan proyek uji coba dan dikatakan bisa digunakan sama seperti pembayaran biasanya.

Masyarakat setempat hanya perlu mengunduh dompet digital untuk menyimpan uang, lalu akan ada QR Code untuk memindai saat membayar.

Kehadiran Yuan Digital dikatakan agar pemerintah China bisa melacak aliran uang di negara itu. Dengan begitu lebih mudah untuk melakukan pelacakan aliran dana ilegal misalnya praktik pencucian uang atau pendanaan bagi teroris.

Persiapan China untuk menghadirkan Yuan Digital sudah dalam waktu lama. Pemerintah nya sudah menyiapkan sejak 2014 dan baru pada Oktober 2020 lalu melakukan uji coba salah satunya di wilayah Shenzhen.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading