8 Keunggulan Xiaomi Mi Band 5 yang Perlu Kamu Tahu

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
26 December 2020 16:46
Mi Band 5/Dok.Accesstrade

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak hanya smartphone, smartband juga merupakan salah satu gadget yang wajib dimiliki oleh setiap orang, terutama generasi milenial.

Tidak hanya bisa membuat penampilanmu menjadi lebih keren, smartband dapat memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari yang kamu jalani, utamanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Nah, Xiaomi menjadi salah satu perusahaan yang juga sering merilis smartband dengan harga terjangkau untuk kebutuhan masyarakat. Salah satu produk smartband terbaru yang diluncurkan Xiaomi di tahun 2020 ini adalah Mi Band 5.


Produk ini sendiri sebenarnya merupakan pengembangan dari produk smartband sebelumnya, yaitu Mi Band 4 yang dirilis pada tahun lalu.

Sebagai informasi, perjalanan Xiaomi sebagai perusahaan teknologi kelas global seperti sekarang ini melalui proses yang panjang. Xiaomi didirikan oleh Lei Jun dan 6 orang rekannya di bulan April 2010. Asal usul nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin yaitu millet, yang artinya tumbuhan sekoi.

Lei Jun sebagai pendiri sekaligus CEO Xiaomi menjelaskan arti Xiaomi punya maksud yang lebih mendalam dari sekadar millet.

Lei Jun menghubungkan kata "Xiao" sebagai bagian dari konsep Buddha yang punya arti "sebiji nasi Buddha besarnya seperti gunung". Hal ini melambangkan bahwa Xiaomi dimulai dari hal-hal kecil dan bukan dimaksudkan sebagai usaha yang dijalankan untuk sekadar bertahan.

Sedangkan, kata "Mi" merupakan sinonim dari ponsel internet yang bisa dimaksudkan sebagai misi yang tidak mungkin terselesaikan. Hal ini mengarah rintangan-rintangan yang dihadapi oleh Lei Jun beserta 6 orang rekannya saat mulai mendirikan perusahaan Xiaomi.

Pada tanggal 16 Agustus 2010, Xiaomi secara resmi meluncurkan smartphone Android pertama berbasis OS MIUI. Di bulan Agustus 2011, smartphone Xiaomi Mi 1 resmi diluncurkan. Smartphone ini dilengkapi dengan OS Xiaomi MIUI yang berasal dari Android dan menyerupai TouchWich Samsung dan Apple iOS. Selain itu, smartphone ini juga tetap dilengkapi OS Android.

Setelahnya, di tanggal 24 September 2013, Xiaomi meluncurkan dan berhasil menjual smartphone Xiaomi Mi 2 lebih dari 10 juta unit dalam kurun waktu 11 bulan. Smartphone Xiaomi Mi 2 sendiri dijual juga dijual ke Australia, Eropa, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

Pada bulan Oktober 2013, Xiaomi menjadi brand smartphone kelima yang paling banyak dipakai di Tiongkok. Total penjualan Xiaomi sendiri di tahun itu tercatat mencapai 18,7 juta unit smartphone.

Peningkatan penjualan yang sangat pesat itu akhirnya menjadikan Xiaomi sebagai produsen smartphone terbesar di Dunia nomor lima pada tahun 2017.

Pada masa sekarang ini, Xiaomi juga memperluas jangkauan pasarnya untuk konsumen elektronik dengan membuat perangkat smart home ecosystem (IoT).

Salah satu produk yang menjadi Xiaomi selain sebagai produsen smartphone adalah smartband dengan nama Mi Band.

Perbedaan Smartband dan Smartwatch

Hingga saat ini, masih banyak orang yang menganggap bahwa smartband dan smartwatch adalah produk yang sama. Smartband dan smartwatch merupakan perangkat teknologi wearable yang dapat digunakan untuk mendata informasi kesehatan dan dapat disinkronisasikan dengan smartphone.

Meski keduanya memang memiliki layar sentuh serta baterai, anggapan bahwa smartband dan smartwatch itu sama sebenarnya keliru. Keduanya memiliki harga, desain, serta beberapa fitur yang berbeda.

Smartwatch memiliki ukuran yang lebih besar dan cenderung berbentuk seperti jam tangan, sedangkan smartband memiliki desain yang lebih minimalis.

Berbeda dengan smartwatch dengan layar berwarna, kebanyakan smartband memiliki layar hitam putih saja. Namun, sekarang ini banyak produsen yang mulai memunculkan smartband dengan layar berwarna. Selain tampilan layarnya, fiturnya pun berbeda.

Smartband memiliki fitur fitness tracker yang dapat mengukur detak jantung dan pembakaran kalori, sedangkan smartwatch memiliki fitur yang lebih kompleks, seperti SIM card slot, Wi-Fi, bluetooth, serta pengambilan gambar. Meskipun keduanya dapat terhubung dengan smartphone, smartwatch memiliki tampilan notifikasi dari smartphone yang lebih baik dibandingkan dengan smartband.

Perbedaan tersebut menjadikan smartwatch memiliki harga yang lebih mahal daripada smartband. Meski begitu, fitur dan desain smartband menjadikannya sebagai perangkat wearable yang lebih cocok digunakan oleh kamu yang sering berolahraga.

Keunggulan dari Xiaomi Mi Band 5

Bersamaan dengan peluncuran smartphone Redmi 9A, Xiaomi resmi memperkenalkan smartband terbarunya, yakni Mi Band 5 untuk pasar di Indonesia di tahun 2020. Dari segi tampilan, sekilas smartband dari Xiaomi ini masih mirip dengan Mi Band 4.

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan bahwa Mi Band 5 hadir sebagai solusi kebugaran Mi Fans (sebutan bagi pengguna setia produk Xiaomi) di Indonesia, khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Perangkat ini hadir dengan serangkaian keunggulan bagi penggunanya untuk menerapkan gaya hidup sehat dan tetap aktif dengan perangkat yang modis dan kaya fitur," ujarnya, dalam keterangan resminya.

Desain jamnya sendiri memang tidak banyak berubah. Sejak di Mi Band 4, Xiaomi menerapkan desain layar yang datar. Berdasarkan catatan spesifikasinya, layar AMOLED di Mi Band 5 lebih lebar, yakni 1,1 inci.

Sebagai perbandingan, Mi Band 4 layarnya berukuran 0,95 inci. Dengan layar yang lebih lebar, kamu bisa lebih nyaman dan leluasa melihat dan menyentuh tampilan berbagai menu pada smartband ini.

Adapun, Xiaomi menawarkan enam pilihan warna strap yakni Orange, Yellow, Blue, Navy, Black, Green Mint, dan Teal pada Mi Band 5. Untuk pilihan Watch Face-nya juga lebih banyak dari Mi Band 4. Xiaomi menyediakan lebih dari 100 Watch Face baru pada Mi Band 5 yang bisa dipilih di 'Store' lewat aplikasi Mi Fit, dan lebih banyak opsi untuk desain widgetnya.

Sensor-sensor yang disematkan dalam Mi Band 5 juga tidak banyak berubah dari versi pendahulunya, seperti akselerometer, monitor detak jantung, barometer, dan giroskop. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Xiaomi Mi Band!

1. Kapasitas Baterai yang Lebih Besar

Kapasitas baterai yang dimiliki Mi Band 5 mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Jika sebelumnya, Mi Band 4 memiliki kapasitas baterai sebesar 100 mAh, versi terbarunya ini dilengkapi dengan baterai sebesar 125 mAh.

Kapasitas yang lebih besar membuat Mi Band 5 ini memiliki daya tahan baterai yang lebih tahan lama. Bahkan, pihak Xiaomi mengklaim bahwa penggunaan Mi Band ini bisa bertahan hingga dua minggu atau selama 14 hari setelah melalui proses charging hingga penuh. Hal ini menunjukkan bahwa para pengguna Mi Band 5 tidak akan perlu lagi sering-sering melakukan proses charging.

Cara pengisian daya pada Xiaomi Mi Band 5 dirancang lebih nyaman. Xiaomi Mi Band 5 ini menghadirkan dok pengisi daya baru dengan konektor magnetik yang tinggal ditempelkan ke bodi belakangnya. Hal ini jelas berbeda dengan Mi Band 4 yang harus susah payah melepas strap untuk mengisi daya.

2. Punya Sertifikasi 5ATM

Mi Band 5 ini akan sangat cocok untuk menemani aktivitas outdoor yang kamu lakukan. Pasalnya, Xiaomi Mi Band ini telah dilengkapi sertifikasi 5ATM sehingga smartband ini tetap aman digunakan sekalipun tidak sengaja terkena cipratan air atau bahkan air hujan sekalipun. Kemampuan bertahan di dalam air dari Xiaomi Mi Band 5 mencapai kedalaman 50 meter serta rentang waktu selama 30 menit.

3. Hadir dengan Fitur Personal Activity Intelligence (PAI)

Yang lebih menarik dari Xiaomi Mi Band 5 ini adalah kehadiran fitur Personal Activity Intelligence (PAI). Fitur PAI ini dapat memantau kualitas tidur, detak jantung, hingga intensitas aktivitas sehari-hari dari pengguna Xiaomi Mi Band 5.

Pada dasarnya, semua yang dilakukan seharian akan ditambahkan ke skor PAI untuk memberi gambaran tentang kesehatan pengguna Xiaomi Mi Band. Poin PAI (1-100) akan tinggi jika kamu banyak gerak dan beraktivitas.

Fungsi pintar lainnya pada Xiaomi Mi Band 5 adalah fitur untuk mengelola stres. Xiaomi Mi Band 5 akan mengukur kadar stres, dan ada fitur 'Breathing' yang membimbing untuk mengatur nafas sampai kamu merasa rileks.

Selain itu, fitur baru lainnya adalah 'Cycles'. Fitur ini adalah kalender menstruasi untuk memudahkan pengguna wanita mencatat dan melacak siklus datang haid. Fitur ini juga akan memberikan pengingat sehari sebelum haid tiba.

4. Peningkatan Akurasi Pemantauan Detak Jantung

Xiaomi meningkatkan akurasi pemantauan detak jantung di Mi Band 5. Smartband ini lebih intens merekam detak jantung pengguna selama 24 jam, bahkan ketika sedang tidur. Xiaomi mengklaim bahwa akurasinya kini lebih tinggi dan menyamai pembacaan sensor detak jantung milik Apple Watch.

Kamu bisa mengaturnya untuk merekam detak jantung secara otomatis sepanjang hari, hanya saat tidur, atau keduanya, tergantung seberapa banyak baterai yang ingin dihemat. Peningkatan akurasi juga dihadirkan di fungsi pelacakan tidur. Di Mi Band 5, pengguna bisa tahu kualitas tidurnya secara lebih detail, termasuk berapa lama tidur nyenyak, tidur ringan, dan tidur siang.

5. Layar AMOLED

Seperti generasi sebelumnya, smartband ini masih menggunakan teknologi layar AMOLED yang begitu nyaman dengan visual yang memukau. Teknologi layar ini membuat kamu bisa tetap jelas menatap layar Mi Band 5 meski berada tepat di bawah sinar matahari.

Bahkan, tingkat kecerahan yang ditawarkan oleh Mi Band 5ini mencapai 459 nit. Tidak hanya itu, layar smarband ini juga dilengkapi dengan teknologi tahan gores yang membuatnya tampak mulus sepanjang waktu.

6. Dilengkapi 11 Mode Olahraga

Penyuka olahraga akan menyukai tambahan 5 mode olahraga baru di Xiaomi Mi Band 5. Jadi, total ada 11 mode olahraga yaitu:

  • Elliptical (Baru)
  • Rowing Machine (Baru)
  • Jump Rope (Baru)
  • Indoor Cycling (Baru)
  • Yoga (Baru)
  • Outdoor Running
  • Treadmill
  • Cycling
  • Walking
  • Freestyle
  • Pool swimming

7. Punya Fitur NFC

Disematkannya fitur NFC pada smartband ini menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh Xiaomi Mi Band 5. Berkat adanya fitur NFC yang disematkan di Xiaomi Mi Band 5tersebut, kini proses pembayaran bisa menjadi semakin mudah dan praktis. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, proses pembayaran pada transaksimu bisa terselesaikan lebih cepat.

8. Fitur Lainnya

Xiaomi Mi Band 5 masih punya banyak fitur menarik seperti peringatan idle, notifikasi dan pengingat panggilan, kontrol musik, laporan cuaca, pencarian telepon, dan sebagainya. Selain itu, fitur terbaru yang dimiliki Xiaomi Mi Band 5 adalah sebagai alat kendali kamera jarak jauh via Bluetooth.

Jadi, apakah kamu tertarik membeli Xiaomi Mi Band 5?


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading