Beda Dengan RI, Jepang Prioritaskan Lansia Dapat Vaksin Covid

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
25 December 2020 16:45
INFOGRAFIS, Vaksinasi Covid-19, Kelompok Prioritas Fase Pertama

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jepang menyatakan bakal memprioritaskan golongan orang berusia 65 tahun lebih atau lansia untuk vaksinasi Covid-19.

Melansir Reuters, kebijakan ini ditetapkan berdasarkan rekomendasi dari tim panel Kementerian Kesehatan Jepang. Panel tersebut juga menetapkan orang-orang dengan penyakit jantung kronis, penyakit pernapasan kronis dan penyakit ginjal kronis bakal mendapatkan prioritas disuntik vaksin.

"Rekomendasi tersebut akan mencakup 36 juta orang lanjut usia dan 8,2 juta orang dengan kondisi medis pada kelompok pertama yang menerima suntikan vaksin," tulis Reuters, Jumat (25/12/2020).


Tidak hanya kedua itu, tim juga merekomendasikan prioritas vaksin kepada tim medis yang menjadi garda depan melawan Covid-19, termasuk pekerja di fasilitas perawatan lansia.

"Sementara orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan dengan penyakit bawaan berat juga harus mendapat prioritas," tulis Reuters.

Saat ini, Jepang terdiri dari 126 juta penduduk. Pemerintah sudah sepakat untuk membeli 290 juta dosis vaksin dari Pfizer Inc, AstraZeneca Plc dan Moderna Inc, atau cukup untuk 145 juta orang.

Jepang saat ini menghadapi gelombang ketiga infeksi virus korona, membuat sistem medis Negeri Sakura ini, di bawah tekanan berat.

Perdana Menteri Yoshihide Suga akan mengadakan konferensi pers pada hari Jumat lalu juga menyampaikan tanggapan pemerintah terhadap pandemi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Tahapan Vaksinasi Covid dari Januari 2021 - Maret 2022


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading