Tak Cuma Jualan iPhone, Apple Produksi Mobil 'Hantu' di 2024

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 December 2020 10:39
FILE PHOTO: A man looks at the screen of his mobile phone in front of an Apple logo outside its store in Shanghai, China on July 30, 2017.   REUTERS/Aly Song/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc berambisi menghasilkan mobil tanpa sopir (self-driving) penumpang pada 2024 termasuk teknologi baterai sendiri. Rencana ini merupakan bagian dari Project Titan.

Menurut sumber yang mengetahui rencana ini, Apple telah berkembang cukup pesat untuk membangun kendaraan bagi konsumen. Ini setelah Apple kembali merekrut Doug Field yang pernah bekerja di Tesla Inc untuk mengawasi proyek tersebut pada 2018.

Inti dari mobil canggih ini adalah desain baterai baru yang dapat 'secara radikal' mengurangi biaya baterai dan membuat mobil menjadi lebih terjangkau, ujar sumber lainnya.


Tantangan membuat kendaraan sendiri ada di rantai pasok. Tesla dan Elon Musk sendiri butuh 17 tahun sebelum akhir menghasilkan mobil yang memberikan keuntungan bagi perusahaan. Apple sendiri masih baru di bisnis ini.

"Jika ada satu perusahaan di planet ini yang memiliki sumber daya untuk melakukannya, mungkin itu adalah Apple. Tapi di saat yang sama, ini bukan ponsel, "kata seseorang yang mengerjakan Project Titan, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (22/12/2020).

Masih belum jelas siapa yang akan merakit mobil bermerek Apple ini, tetapi sumber lainnya mengatakan mereka berharap Apple bergantung pada mitra manufakturnya saat ini untuk membuat kendaraan.

Dua orang yang mengetahui rencana Apple mengungkapkan ada potensi penundaan karena pandemi Covid-19 sehingga produksi akan dimulai tahun 2025 atau tahun-tahun berikutnya..

Mobil Apple mungkin menampilkan beberapa sensor lidar untuk memindai jarak yang berbeda. Beberapa sensor dapat diturunkan dari unit lidar yang dikembangkan secara internal Apple. Model Apple iPhone 12 Pro dan iPad Pro yang dirilis tahun ini memiliki fitur sensor lidar.

Apple sebelumnya telah terlibat dengan Magna International Inc dalam pembuatan mobil, tetapi pembicaraan ini tak surut karena Apple jadi galau, ujar sumber yang akrab dengan rencana ini.

Hingga berita ini diturunkan Apple dan Magna menolak memberikan komentar dan penjelasan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading