Google Ungkap Biang Kerok Youtube & Gmail Cs Down Bersamaan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 December 2020 06:26
A man checks his phone outside the Google headquarters in Mexico City, Mexico March 13, 2018. REUTERS/Tomas Bravo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada Senin (14/12/2020) sore para pengguna mengeluhkan dari YouTube hingga Gmail down bersamaan. Google pun mengungkap biang keroknya.

Informasi saja, selain YouTube dan Gmail, layanan Google lain yang tumbang bersamaan adalah Google Docs termasuk Google Sheets, Google Slides, dan Google Form. Ada Google Classroom, Google Drive, hingga Google Meets

Juru bicara Google mengungkapkan YouTube dan Gmail down serta layanan Google lainnya disebabkan oleh kegagalan alat otentifikasi perusahaan. Alat ini mengatur cara pengguna masuk ke layanan yang dijalankan oleh Google dan developer pihak ketiga.


"Hari ini pada pukul 3.47 pagi (Pacific Time), Google mengalami gangguan sistem otentifikasi selama 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal," ujar Juru bicara Google seperti dilaporkan Guardian dan dikutip CNBC Indonesia, Selasa (15/12/2020).

"Masalah sistem otentifikasi diselesaikan pada pukul 4.32 pagi (Pacific Time). Semua layanan sekarang dipulihkan. Kami memohon maaf kepada semua pengguna yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang."

Juru Bicara Google menambahkan seharusnya alat internal perusahaan mengalokasikan ruang penyimpananyang cukup ke layanan yang menangani otentifikasi namun tampaknya tugas ini gagal dilakukan yang berarti sistem mengalami crash.

Artikel Selanjutnya

YouTube Down, Ini Penjelasan Manajemen


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading