Kala Prabowo Asik Berburu Jet Tempur Hingga Kapal Selam

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
13 December 2020 12:10
Kapal selam Riachuelo. (Dok: Naval Group)

Sementara itu untuk kapal selam, Menhan Prabowo Subianto dikabarkan melakukan diskusi serius dengan konsorsium perusahaan galangan kapal asal Perancis Naval Group.

Seperti dilaporkan Janes, Indonesia kini menjajaki pemesanan kapal selam kelas Riachuelo, yang merupakan modifikasi dari kelas Scorpene, yang tentu bisa bikin gentar negara tetangga. Kapal selam kelas Scorpene memang sudah dimiliki oleh negeri jiran Malaysia sebanyak 2 unit. Namun, Naval Group selaku galangan kapal pembuat kapal selam ini, memastikan kapal selam Riachuelo, sudah mengalami berbagai perbaikan dari Scorpene yang sudah ada sebelumnya.

Tak hanya impor, Prabowo juga memerintahkan perusahaan BUMN lokal PT PAL untuk memperbaharui armada kapal selam TNI. Dalam dokumen yang diterima CNBC Indonesia beberapa bulan lalu, akan ada 3 kapal selam baru yang masuk ke dalam master schedule batch 2 dengan dibiayai oleh penyertaan modal negara tahun 2021 sebesar Rp 1,3 triliun. Bila terealisas,i maka Indonesia total akan punya delapan unit kapal selam dari target 12 kapal selam.


Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa masing-masing kapal selam belum memiliki nama spesifik seperti pendahulunya, misal KRI Nagapasa 403 maupun KRI Ardadedali 404. Nama awal saat ini hanya disebut Proyek Kapal Selam #4, Proyek Kapal Selam #5 dan Proyek Kapal Selam #6.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading