1,2 Juta Vaksin Corona Buat Siapa? Ini Kata Menkes Terawan

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
07 December 2020 10:22
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Tangkapan Layar Youtube KEMENDIKBUD RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Putranto mengatakan pemerintah akan memberikan 1,2 juta vaksin corona Sinovac yang tiba di Indonesia kepada tenaga kesehatan.

"Untuk vaksin kiriman pertama ini akan diberikan pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan penunjang fasilitas-fasilitas kesehatan," ujar Terawan dalam konferensi pers digital, Senin (7/12/2020).

Namun sebelum digunakan vaksin tersebut harus mendapatkan persetujuan penggunaan darurat atau Emergency Use Authority (EUA) dari Badan POM yang sesuai dengan dasar pengetahuan dan ketentuan perundang-undangan.


"Pemerintah hanya menyediakan vaksin yang terbukti aman dan teruji secara klinis dan rekomendasi WHO (World Health Organization)," terangnya.

Terawan menambahkan pemerintah telah membahas soal pelaksanaan distribusi vaksin dalam rangka menjamin kualitas vaksin diterima masyarakat. Skema program mulai dari dinas kesehatan provinsi kemudian diedarkan ke dinas kesehatan di bawahnya.

"Semoga pelaksanaan vaksinasi tepat waktu baik dan lancar, sehingga penanggulangan vaksin bisa cepat diatasi, dan dalam rangka memberikan perlindungan masyarakat untuk produktif dan bangkit. ingat pesan ibu, #pakaimasker, #jagajarak dan #cucitangan,"terangnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading