Anies Positif Covid Tanpa Gejala & Hal yang Perlu Diketahui

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 December 2020 13:43
Infografis/ Strategi Ampuh Melandaikan Covid-19/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan dirinya terinfeksiĀ virus corona baru penyebab Covid-19 tetapi tanpa gejala. Hal ini menunjukkan Covid-19 masih ada di Indonesia dan penting untuk menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin.

Informasi Anies terpapar Covid-19 diumumkan melalui keterangan tertulis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Selasa (1/12/2020). "Hasil tes PCR menyatakan bahwa saya positif," ujar Anies.

Menurut Center for Desease Control (CDC) Amerika Serikat sebagian besar infeksi Covid-19 disebarkan oleh orang-orang yang tidak memiliki gejala. Ini jadi alasan kenapa menjalankan protokol kesehatan sangat penting.


"Kebanyakan infeksi SARS-CoV-2 disebar oleh orang-orang tanpa gejala," ujar CDC dalam situsnya. "CDD dan lembaga lainnya memperkirakan lebih dari 50% kasus Covid-19 ditularkan oleh orang yang tidak menunjukkan gejala."

Dalam risetnya, CDC mengungkapkan 24% orang yang menularkan virus ke orang lain tidak pernah mengalami gejala dan 35% lainnya tidak menunjukkan gejala. ICDC juga mengatakan 41% menginfeksi orang lain saat mengalami gejala. Puncak penularan terjadi lima hari setelah infeksi.

"Infeksi menyebar terutama melalui paparan tetesan pernapasan yang dihembuskan oleh orang yang terinfeksi ketika mereka bernapas, berbicara, batuk, bersin, atau bernyanyi," terang CDC.

Penggunaan masker kain dapat mencegah orang menghembuskan gumpalan kecil lendir atau air liur yang membawa virus. Partikel-partikel tersebut dapat terbang langsung ke orang lain, jatuh ke permukaan untuk diambil, atau berlama-lama di udara, terutama di ruangan tertutup.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading