Data 360 Ribu Pengguna Spotify Bocor di Internet, Punya Kamu?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 November 2020 13:55
FILE PHOTO: Earphones are seen on top of a smart phone with a Spotify logo on it in this February 20, 2014 photo illustration. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo                        GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan streaming musik, Spotify baru saja meluncurkan pengaturan ulang (reset) password setelah ditemukan 350 ribu akun bocor di internet.

Reset password ini dilakukan setelah adanya laporan peneliti keamanan siber Noam Rotem dan Ran Locar yang menemukan data sebesar 72 GB yang tidak terenkripsi secara online dan rentan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

"Data sebesar 72 GB berisi 380 juta lebih catatan termasuk kredensial login dan data pengguna lainnya yang divalidasi ke layanan Spotify" ungkap Noam Rotem dan Ran Locar, seperti dikutip dari ZDNet, Jumat (27/11/2020).


Menurut perkirakan ada 300 ribu hingga 350 ribu akan Spotify yang terpangaruh dan bocor datanya seperti alamat email, informasi indentitas pribadi (PII), negara tempat tinggal, dan kredensial login.

"Kredensial ini kemungkinan besar diperoleh secara ilegal atau berpotensi bocor dari sumber lain yang digunakan untuk serangan penjejalan kredensial di Spotify," terang Noam Rotem dan Ran Locar.

Sebelumnya, vpnMentor juga menemukan kumpulan data yang bocor di internet pada 3 Juli dan telah menghubungi pihak Spotify pada 9 Juli untuk melakukan aksi pencegahan kebocoran data. Spotify juga mengambil langkah yang sama dengan reset password.

Saat ini Spotifu memiliki 299 juta pengguna aktif bulanan, di mana 130 juta di antaranya pengguna layanan premium atau berbayar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading