Twitter Buka Lagi Verifikasi 'Centang Biru' di Awal 2021

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
25 November 2020 15:01
FILE PHOTO: The Twitter application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah tiga tahun menangguhkan program verifikasi publik 'centang biru', Twitter berencana untuk menluncurkan lagi program ini pada awal 2021.

"Kami berencana meluncurkan kembali proses verifikasi, termasuk proses permohonan verifikasi untuk publik, pada awal 2021." tulis Twitter di blog resmi perusahaan, Rabu (25/11/2020).

Nantinya 'centang biru' di Twitter akan memberitahukan para pengguna bahwa akun kepentingan publik ada asli. Untuk mendapatkan verifikasi, akun twitter harus dikanal publik dan aktif.


Twitter menjelaskan akan ada enam jenis akun yang mendapatkan label verifikasi. Yakni:

  • Akun lembaga pemerintah
  • Akun perusahaan, merek, dan organisasi non-profit
  • Akun media
  • Akun hiburan
  • Akun olahraga
  • Akun aktivis, penyelenggara dan individu berpengaruh lainnya.

Namun untuk melakukan verifikasi, Twitter akan meminta masukan dari pengguna untuk memperbaharui kebijakan verifikasi.

"Kebijakan ini akan menjadi dasar untuk perbaikan di masa mendatang dengan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan verifikasi, siapa yang berhak diverifikasi, dan kenapa beberapa akun dapat kehilangan verifikasinya," tulis Twitter.

Sebelumnya agar bisa mengajukan diri untuk mendapatkan 'centang biru' Twitter mensyaratkan akun tersebut dikenali dan aktif. Dikenali jika masuk dalam enam jenis akun yang disebutkan di atas.

Sementara kategori aktif jika melengkapi profil dan menggunakan foto asli kemudian login di akun dalam enam bulan terakhir, memiliki alamat email atau nomor telepon yang telah dikonfirmasi serta tidak melanggar aturan Twitter selama enam bulan terakhir sehingga akun disuspensi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading