Covid-19 Meledak! Ini Teguran Keras Satgas ke Anies Baswedan

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 November 2020 17:31
INFOGRAFIS, Rem Darurat DKI PSBB Total, Sederet Menteri Kritik Anies

Jakarta, CNBC Indonesia- Satgas Penanganan Covid-19 secara khusus memberikan arahan tegas kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkait dengan meledaknya kasus Covid-19 di Ibu Kota.

"Saya mohon kepada Gubernur DKI Jakarta untuk melakukan tindakan sesuai dengan peraturan. Ada banyak hal yang diupayakan untuk menekan angka kasus Covid-19. Adanya libur panjang yang lalu dan yang akan datang memicu kenaikan kasus. Mohon ditingkatkan pemeriksaan Covid-19, terutama orang-orang dengan riwayat perjalanan," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa (24/11/2020).

Wiku menjelaskan secara nasional terjadi kenaikan kasus Covid-19 sebanyak 3,9% dibandingkan pekan sebelumnya. Kenaikan ini disumbang oleh 5 provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi, yang dipimpin oleh DKI Jakarta.

"Mohon perhaian dengan sangat mengambil langkah konkrit mengatasi peningkatan kasus karena ini sudah sangat serius. Kami melihat 5 tren terbesar masih konsisten pada pekan ini dan sebelumnya dan tak ada perubahan signifikan. Khususnya DKI jakarta sudah 3 pekan berturut-tutur di 5 besar kasus tertinggi. Bahkan di pekan ini ada di peringkat pertama," jelas Wiku.


Satgas menegaskan bahwa jangan sampai kerja keras selama 8 bulan dalam membendung penularan Covid-19 menjadi rusak karena ketidakpedulian Pemda atau masyarakat.

"Kembali saya ingatkan, selama belum ada vaksin, maka protokol kesehatan obat terampuh menekan angka penularan. Selalu #pakaimasker, #jagajarak, #cucitangan dan hindari bepergian jika tidak ada keperluan mendesak," ujar Wiku.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading