Gawat! Rumah Sakit di Pulau Jawa Makin Penuh Pasien Covid-19

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 November 2020 17:11
Wiku Adisasmito juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Corona memberi Keterangan Pers Juru Bicara terkait Update Data Covid-19 Nasiona. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia- Seiring dengan peningkatan kasus aktif virus corona (Covid-19) di Indonesia, sejumlah Provinsi mencatatkan rumah sakit yang semakin penuh termasuk fasilitas Intensive Care Unit (ICU).

"Saat ini terjadi peningkatan pasien yang masuk rawat jalan dan IGD dibanding periode sebelum libur panjang. Peningkatan ini berdampak pada ketersediaan tempat tidur," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa (24/11/2020).

Lebih rinci dia menjelaskan Provinsi Banten saat ini mencatat kapasitas ICU telah terisi 97% atau 115 ruangan. Adapun fasilitas isolasi telah terpakai 80% atau 1.413 tempat tidur.


Berikutnya, DKI Jakarta mencatat okupansi ICU terisi ICU terisi 69,57% dan tempat isolasi 71,66%, sedangkan Provinsi Jawa Barat tempat tidur ICU terisi 73,45% dan tempat tidur isolasi terisi 79,62%.

Sementara itu, Jawa Tengah mencatat tingkat keterisian ICU sebanyak 80%, sementara isolasi sebanyak 77,4%%. Adapun Jawa Timur mencatat okupansi ICU terisi 54,8% dan isolasi sebanyak 57,43%.

"Dari sejumlah prov tersebut, pemakaian tempat tidur ICU dan isolasi di atas 70% adalah Jabar dan Jateng, dan pemakaian tempat tidur isolasi di atas 70% adalah DKI Jakarta, Jabar dan Jateng," ujarnya.

"Berkaca dari sini, masih tingginya penularan di masyarakat, oleh karena itu, saya meminta masyarakat untuk terus secara disiplin menjalankan 3M, #mencucitangan, #memakaimasker, #menjagajarak serta menjauhi kerumunan," ujarnya.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading