Siap-Siap! YouTube Akan Tampilkan Lebih Banyak Iklan di Video

Tech - roy, CNBC Indonesia
20 November 2020 06:49
(foto : Freepik) Foto: Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Bersiaplah melihat iklan yang lebih banyak di YouTube. Pasalnya, YouTube juga akan memasang iklan di akun-akun yang selama ini tidak dimonetisasi oleh kreatornya.

Ini adalah aturan baru dalam kebijakan layanan (term of service) di platform YouTube. Sebelumnya YouTube hanya memasang iklan pada video yang ikut dalam YouTube Partner Program (YPP).

YPP merupakan program monetisasi di YouTube di mana YouTube dan kreator konten berbagai penghasilan (sharing revenue) terhadap iklan yang ditampilkan dalam sebuah video.


Dalam pedoman terbarunya, YouTube mengatakan iklan dapat dilihat di video YouTube mana pun selama memenuhi "Pedoman Ramah Pengiklan". Artinya, video harus memenuhi standar dasar minimal konten seperti bahasa yang pantas, materi tidak mengandung kebencian, atau konten dewasa.

YouTube mengatakan bahwa konten yang aman untuk perusahaan pengiklan diidentifikasi menggunakan kombinasi mesin dan manusia. YouTube menambahkan perusahaan pengiklan dapat memutuskan untuk tidak muncul di sebuah video di luar program jika mereka mau.

"Karena saat ini Anda tidak ikut di YPP, Anda tidak akan menerima pendapatan dari iklan ini. Anda masih memiliki kesempatan untuk ikut program YPP seperti biasanya setelah Anda memenuhi persyaratan kelayakan," katanya. .

Pedoman baru ini menunjukkan Alphabet ingin menjadi YouTube sebagai mesin uang baru selain Google. Pada kuartal III-2020, pendapatan iklan YouTube tembus US$5,04 miliar atau tubuh 32% dibandingkan tahun sebelumnya.


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading