Gojek Dirombak: Kevin Fokus Gojek, Andre Pegang GoPay Cs

Tech - roy, CNBC Indonesia
18 November 2020 16:27
Infografis: Kenalkan Andre Soelistyo & Kevin Aluwi Bos Baru Gojek Penerus Nadiem Makarim Foto: Infografis/Kenalkan Andre Soelistyo & Kevin Aluwi Bos Baru Gojek Penerus Nadiem Makarim/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek Group melakukan perombakan manajemen guna memperkuat layanan Gojek dan layanan pembayaran digital serta finansial.

Co-founder Gojek Kevin Aluwi akan memimpin layanan Gojek, dan Andre Soelistyo akan memimpin lini bisnis pembayaran digital GoPay dan layanan finansial lainnya. Keduanya masih akan menjabat co-CEO Gojek.

Dalam perubahan struktur manajemen ini, Andre Soelistiyo akan memimpin tiga unit usaha. Yakni, pembayaran digital (GoPay), layanan jasa keuangan seperti PayLeter serta Solusi B2B dan merchant.


Hans Patuwo, akan mengepalai bisnis pembayaran atau GoPay setelah sebelumnya hampir 3 tahun menjabat Chief Operating Officer Gojek. Sebelum bergabung dengan Gojek, Hans adalah salah satu Partner di perusahaan konsultasi manajemen global, McKinsey.

Ryu Suliawan, Head of Merchants Gojek yang juga merupakan founder Midtrans, payment gateway yang diakuisisi oleh Gojek pada tahun 2017, akan memimpin lini usaha yang menyediakan solusi B2B dan merchant.

Adapun Aldi Haryopratomo yang sebelumnya menjabat sebagai GoPay akan mengundurkan diri efektif 1 Januari 2021. Aldi sebelumnya founder Arisan Mapan yang diakusisi Gojek pada 2017. Ia telah memimpin GoPay selama tiga tahun terakhir.

Gojek mengungkapkan Penguatan fokus manajemen kedua lini bisnis ini dilakukan menyusul fundamental perusahaan yang semakin kuat pada 2020. Apalagi, layanan utama Gojek saat ini telah berhasil mencetak laba operasional diluar biaya headquarter (HQ). Total nilai transaksi di dalam platform Gojek group (Gross Transaction Value/GTV) juga mencapai US$ 12 miliar (Rp 170 triliun), tumbuh 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara, GTV GoPay pada 2020 terus meningkat bahkan melebihi total nilai transaksi di masa pra-pandemi. Meski berbagi tugas pada manajemen, Kevin dan Andre akan tetap menjabat sebagai Co-CEO Gojek Group. Perubahan ini akan berlaku efektif di 1 Januari 2021, dan hanya terjadi di tataran operasional perusahaan serta tidak berdampak terhadap struktur organisasi secara Group.

"Dalam perkembangannya, kami melihat bahwa dua portofolio bisnis besar di bawah Gojek Group yaitu layanan dibawah brand Gojek dan layanan pembayaran digital dan keuangan telah tumbuh semakin besar dan tiap portofolio membutuhkan keahlian dan fokus yang berbeda. Oleh karena itu, kami harus mengoptimalkan tim kami untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan dari masing-masing bisnis besar tersebut," kata kedua Co-CEO Kevin dan Andre dalam siaran resminya, Rabu (18/11/2020).


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading