Brasil Segera Bisa Bayar Tagihan Via WhatsApp

Tech - roy, CNBC Indonesia
17 November 2020 18:35
Infografis/sama mudahnya seperti kirim foto, Whatassap Payment resmi dirilis/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Sentral Brasil Campos Neto mengatakan WhatsApp Payment akan segera bisa digunakan di Brasil. Nantinya transfer uang dan bayar tagihan melalui WhatsApp.

Hal ini disampaikan oleh Campos Neto dalam peluncuran platform pembayaran instan baru milik bank sentral bernama PIX, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (17/11/2020).

Campos Neto menambahkan bank sentral juga telah berbicara dengan Google dan perusahaan 'teknologi besar' lainnya untuk bisa memasuki pasar pembayaran instan di Brasil.


"WhatsApp akan segara mulai melakukan peer-to-peer (P2P). saya telah berbicara dengan CEO mereka, kami membuat kemajuan yang bagus. Dia memberi tahun saya bahwa proses lebih cepat dari negara lain," ujarnya.

"Satu-satunya perhatian kami adalah bahwa kami harus melalui semua kriteria persetujuan dan kami memiliki sistem yang mendorong persaingan."

Pada Juni 2020, Bank Sentral Brasil menghentikan operasi WhatsApp Payment. Alasannya, peluncuran layanan pembayaran digital ini tanpa analisis awal oleh bank sentral bisa merusak sistem pembayaran Brasil dari sisi persaingan, efisiensi dan privasi data.

Untuk menghadirkan layanan Payment, WhatsApp bekerja sama dengan lembaga keuangan yakni Bancodo Brasil, Nubank dan Sicredi. Transaksi ini akan diproses oleh Cielo, perusahaan payment gateway.

Cara mengaktifkan layanan ini dengan menghubungkan kartu kredit atau kartu kredit Visa dan Mastercard ke WhatsApp. Layanan ini gratis bagi pengguna individual sementara bisnis dikenakan fee sebesar 3,99%.

WhatsApp Payment telah dioperasikan di India. Untuk menghadirkan layanan ini Whatsapp menggandeng Perusahaan Pembayaran Nasional India (National Payments Corporation of India - NPCI) dengan menggunakan Antarmuka Pembayaran Terpadu (Unified Payment Interface - UPI), sebuah sistem pembayaran secara real-time pertama di India yang memungkinkan transaksi dengan lebih dari 140 bank yang didukung.

Untuk mengirim uang melalui WhatsApp, pengguna perlu memiliki rekening dan kartu debit di India. Dompet digital WhatsApp Payment ini bekerja sama dengan empat bank besar India. Yakni, ICICI Bank, HDFC Bank, State Bank of India, dan Axis Bank.

Guna mengaktifkan pembayaran, WhatsApp akan mengirim instruksi ke bank, atau yang disebut juga sebagai penyedia layanan pembayaran, yang menginisiasi transfer uang melalui UPI antara rekening bank pengirim dan penerima


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading