Resmi! Huawei Jual Bisnis Ponsel Honor Tapi Bukan ke Xiaomi

Tech - roy, CNBC Indonesia
17 November 2020 16:22
Honor

Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies resmi menjual unit bisnis smartphone budget Honor kepada konsorsium yang terdiri lebih dari 30 agen dan dealer. Sebelumnya Xiaomi tertarik membeli Honor.

Dalam keterangan resminya, konsorsium ini mengatakan akan membeli Honor dari Huawei melalui sebauh perusahaan baru bernama Shenzhen Zhixin New Information Technology. Huawei tak akan memiliki saham perusahaan ini.

Huawei mengungkapkan ini adalah salah satu cara untuk menjaga Honor tetap eksis sebagai vendor smartphone. Saat ini bisnis konsumen Huawei berada dalam "tekanan luar biasa" karena "tidak tersedianya elemen teknis" untuk bisnis telepon.


"Langkah yang dibuat oleh rantai industri Honor untuk memastikan kelangsungan hidup Honor," ujar Huawei seperti dikutip dari Reuters, Selasa (17/11/2020).

Kesepakatan ini tidak akan memengaruhi rencana bisnis jangka panjang Honor. Sayangnya tak disebutkan berapa nilai transaksi pelepasan Honor ke konsorsium itu.

Sebelumnya Reuters melaporkan Huawei sedang melakukan pembicaraan penjualan Honor kepada konsorsium yang dipimpin distributor utama Honor, Digital China dan pemerintah Shenzhen. Nilainnya 100 miliar yuan atau setara US$15,2 miliar.

Vice President Canalys, perusahaan riset terkenal, Nicole Peng mengatakan penjualan Honor akan membuat Huawei memiliki ruang untuk tetap menjalan bisnis smartphone premium dan fokus mengembangkan sistem operasi smartphone HarmonyOS.

Analis IDC Will Wong mengungkapkan penjualan Honor akan membantu Huawei mempertahankan mereka, sambil mencari kemungkinan untuk membeli kembali Honor suatu hari nanti.

"AKan lebih mudah bagi Huawei untuk melakukan buyback potensial di masa depan dari konsorsium ini, yang mungkin tidak mudah jika mereka menjualnya ke vendor smartphone atau produsen elektronik lainnya," ujarnya.


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading