Demi Gaet Tesla, Jokowi Utus Luhut Terbang ke Amerika Serikat

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 November 2020 19:05
FILE PHOTO: A sign is seen outside Tesla Motors' new showroom in Manhattan's Meatpacking District in New York City, U.S., December 14, 2017.   REUTERS/Brendan McDermid/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal makin serius menggaet pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc, untuk berinvestasi di Indonesia. Hal itu diungkapkan Jokowi dalam sebuah wawancara dengan Reuters yang dipublikasikan pada Jumat (13/11/2020).

Mulanya, Jokowi mengungkapkan pemerintah akan mengirim tim khusus ke AS dan Jepang untuk mempromosikan omnibus law UU Cipta Kerja. Tim itu juga bertugas untuk mengajak AS di bawah komando presiden terpilih Joe Biden tetap memilih RI sebagai destinasi investasi.

Salah satu perusahaan yang akan disasar adalah Tesla. Menurut Jokowi, tim yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan itu akan bertemu dengan jajaran eksekutif Tesla.



"Ini sangat penting karena kita punya rencana besar untuk menjadikan Indonesia penghasil baterai lithium terbesar dan kita punya (cadangan) nikel terbesar," kata Jokowi.

Sayangnya, Luhut menolak berkomentar secara khusus tentang rencana pertemuan dengan Tesla. Akan tetapi, Ia mengatakan ada peluang yang sangat bagus lantaran Tesla berinvestasi dalam pengolahan nikel Indonesia untuk memangkas biaya.

Salah satu poin yang bakal dibawa Luhut kabarnya soal kontrak. Tesla dikabarkan bakal mendapat kontrak raksasa untuk jangka waktu yang lama. Hal itu bukan tidak mungkin, mengingat potensi nikel di Indonesia sangat besar.

Sebelumnya Luhut mengatakan Indonesia bisa membuat rantai pasokan aki ramah lingkungan dalam tujuh hingga delapan tahun. Caranya dengan memaksimalkan smelter dengan sumber energi terbarukan, sehingga bisa menjual aki ramah lingkungan untuk mobil di pasar Eropa pada 2030.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading