Maaf Xiaomi, Huawei Mau Jual Honor Rp213 T ke Investor Ini

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 November 2020 13:02
Honor

Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies dikabarkan akan menjual unit smartphone merek Honor sekitar US$15,2 miliar atau setara Rp 212,8 triliun (asumsi Rp 14.000/US$) kepada konsorsium yang dipimpin Digital China dan pemerintah kota Shenzhen. Tidak ada Xiaomi dalam konsorsium ini.

Seorang sumber yang mengetahui rencana ini membisikkan penjualan secara tunai ini akan mencakup hampir semua aset termasuk merek, kapabilitas penelitian dan pengembangan, manajemen rantai pasok. Paling cepat aksi korporasi ini diumumkan hari Minggu, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (10/11/2020).

Distributor utama Honor, Digital China Group Co Ltd, akan menjadi menjadi salah satu pemegang saham utama entitas Honor Terminal Co Ltd dengan kepemilikan saham hampir 15%. Perusahaan ini didirikan pada April dan dimiliki Huawei sepenuhnya.


Digital China juga bermitra dengan Huawei dalam bisnis seperti cloud computing, akan membiayai sebagian besar kesepakatan ini melalui pinjaman bank. Tiga perusahaan investasi yang ikut dalam konsorsium itu juga akan menggunakan skema pinjaman bank untuk membeli 10-15% saham Honor.

Honor menolak berkomentar. Huawei, Digital China, dan pemerintah Shenzhen tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya, Xiaomi dikabarkan sebagai salah satu investor yang tertarik untuk membeli brand Honor dari Huawei. Vendor smartphone yang didirikan oleh Lei Jun ini bersaing dengan Digital China Group hingga TCL.

[Gambas:Video CNBC]



Cara Untuk Hindari Sanksi AS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading