Selangkah Lagi Vaksin Corona Ditemukan, ini Jagoan Bill Gates

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 October 2020 19:20
INFOGRAFIS, Prediksi Bill Gates Corona Akan Berakhir

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft dan orang terkaya ke-2 di dunia Bill Gates memberikan perhatian cukup besar pada vaksin Covid-19 dan cara mengakhiri pandemi corona di Bumi. Lantas vaksin apa yang menjadi jagoannya?

Bentuk perhatian Bill Gates pada penemuan vaksin Covid-19 dan obat corona adalah pendanaan ratusan juta dolar yang diberikan oleh lembaga filantropisnya The Bill & Melinda Gates Foundation.

"Awal tahun depan [kita akan memiliki vaksin Covid-19]," ujar Bill Gates ketika menjadi pembicara di acara All Markets Summit yang diselenggarakan Yahoo Finance pada 26 Oktober 2020, seperti dikutip dari Yahoo, Selasa (27/10/2020).


Menurutnya, dunia akan memiliki dua atau tiga vaksin Covid-19 tahun depan. Menurut data World Health Organization (WHO) ada 10 vaksin Covid-19 eksperimental yang sedang melakukan uji klinis tahap akhir, di mana empat di antaranya adalah vaksin buatan China.

"Pfizer memiliki peluang bagus untuk menjadi yang pertama, mereka adalah perusahaan vaksin yang sangat berpengalaman dan merancang studi mereka dengan sangat baik," ungkap Bill Gates.

Berikutnya, vaksin AstraZeneca, Johnson and Johnson, Novavax, Moderna, dan Sanofi yang saat ini masih melakukan uji klinis fase kedua. Keenam vaksin ini sedang melakukan uji klinis di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain.

Terkait kasus meninggalnya relawan vaksin Covid-19 AstraZeneca di Brasil, Bill Bates mengatakan hal itu "tidak mengherankan" terjadi pada uji klinis normal. Relawan di Brasil yang meninggal diketahui tak disuntikkan vaksin sebenarnya hanya vaksin plasebo atau semu.

"Bahkan jika dari enam, ada dua atau tiga yang pertama disetujui, keefektifannya dalam hal menghentikan sakit dan infeksi Covid-19 mungkin tidak sempurna," pungkasnya.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading