Bill Gates Ungkap Prediksi Suram Covid-19 yang Menggila Lagi

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 October 2020 11:59
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft, Bill Gates mengemukakan bahwa kondisi pandemi Covid-19 kian memburuk dengan masuknya musim gugur. Dia menyebutkan langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan transmisi virus ini hanya dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Dalam sebuah wawancara, Bill Gates menyebutkan dengan masuknya musim yang lebih dingin maka transmisi virus akan lebih cepat.

"Musim gugur akan menjadi lebih buruk daripada musim panas," kata dia, dilansir dari Fox Business, Minggu (18/10/2020). "Semua angka terus bertambah, dan itu selalu merupakan kesempatan yang sangat baik bahwa ketika orang masuk ke dalam ruangan dan itu lebih dingin, kita akan melihat lebih banyak transmisi."


Menurut dia, penyebaran di Amerika akan terus berlanjut hingga dilakukannya distribusi antibodi dan vaksin yang diperkirakan baru akan terjadi pada pertengahan tahun depan.

Mengingat satu-satunya jalan untuk menurunkan penyebaran ini adalah menjaga jarak dan menggunakan masker, dia mengkritisi tingkat kepatuhan penggunaan masker di negara tersebut yang masih rendah.

Adapun di sejumlah negara bagian di AS, terutama di Midwest dan selatan, telah melaporkan kasus tertinggi Covid-19 dan jumlah kematian baru yang tinggi sepanjang musim semi dan musim panas.

Menurut analisis New York Times, negara bagian yang mengalami kasus virus paling positif per 100.000 orang dalam seminggu terakhir adalah North Dakota, South Dakota, Montana, Wisconsin, Utah, Nebraska, Iowa, Idaho, dan Wyoming.

Sedangkan negara bagian yang mencatat kematian terbanyak per 100.000 orang dalam seminggu terakhir yakni North Dakota, Arkansas, Missouri, Kansas, South Dakota, Florida, Montana, Mississippi, Iowa, dan Tennessee, menurut Times.

Dia juga menyebutkan bahwa secara historis, ada skeptisisme berbahaya terkait vaksin, dan komunitas seringkali mencari pemimpin yang mereka percayai untuk menentukan apakah mereka akan menerima vaksin untuk virus tertentu atau tidak.

"Di sini, apa yang ingin Anda lihat adalah, di mana kita tidak mendapatkan kepatuhan? Dan siapa pemimpin yang mereka harapkan? Pemimpin politik, pemimpin agama, pemimpin ilmiah - dan pesan itu disebarkan," kata dia.

Saat ini di AS sedang menunggu enam vaksin potensial, dua diantaranya tengah dalam uji klinis fase tiga.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading