Temukan Perangkat Saya, Cara Temukan Ponsel Android Hilang

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 October 2020 15:55
Android/CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menemukan ponselĀ Android yang hilang atau ketinggalan kini tak sulit lagi. Ini karena Google memiliki layanan Temukan Perangkat Saya atau Find My Device.

Melalui aplikasi Temukan Perangkat Saya (Find My Device) pengguna ponsel akan dapat melacak keberadaan ponsel, menghapus data dan bahkan memblokir smartphone agar tak disalahgunakan.

Untuk bisa menggunakan layanan ini kalian harus mengaktifkan aplikasi Temukan Perangkat Saya di ponsel Android. Bila tak diaktifkan maka Google tak dapat melacak keberadaan ponsel. Pelacakan ini menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS).


Untuk mengaktifkannya kalian harus mengunduh aplikasi Find My Device dari Google Play Store. Kemudian aktifkan hubungan perangkat dengan akun Google. Selanjutnya aktifkan Lokasi, itu fitur GPS yang melacak ponsel.

Bila langkah-langkah ini sudah terpenuhi maka kalian sudah bisa melacak keberadan ponsel yang hilang dengan mengunjungi situs Find My Device dan memilih perangkat mana yang mau diketahui keberadaannya.

Oiya, agar aplikasi ini bekerja perlu juga dipastikan ponsel dalam keadaan menyala. Nantinya kamu akan mengetahui keberadaan perangkat melalui Google Maps, seperti dikutip dari situs Google, Selasa (13/10/2020).

Dalam aplikasi Find My Device kalian juga mengaktifkan fitur layanan suara sehingga ponsel akan berbunyi meski berada dalam kondisi silent (diam). Hal ini akan berlangsung dalam lima menit.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading