Hari Ini Mars Mepet Bumi, Begini Cara Menyaksikannya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 October 2020 07:30
Israeli scientists participate in an experiment simulating a mission to Mars, at the D-MARS Desert Mars Analog Ramon Station project of Israel's Space Agency, Ministry of Science, near Mitzpe Ramon, Israel, February 18, 2018. REUTERS/Ronen Zvulun

Jakarta, CNBC Indonesia - Malam ini (6/10/2020), kalian bisa saksikan Planet Mars dengan sangat jelas. Ini karena Mars berada dalam posisi terdekat dengan Bumi.

Mars hanya akan berjarak 62,1 juta kilometer dari Bumi. Ini adalah jarak terdekat Mars denga Bumi dalam 15 tahun ke depan, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (6/10/2020). Planet Mars akan bisa dinikmati dengan atau tanpa teleskop. 


Mars akan berada di titik terdekatnya pada pukul 14.00 UTC atau 21.00 WIB. Kalian bisa melihat Mars berbentuk 'bintang merah nan gemerlap di sebelah timur setiap malam dan di barat sebelum fajar.

Apakah fenomena ini membahayakan Bumi? Ternyata tidak. Bumi dan Mars memiliki orbit yang sedikit elips. Ini yang membuat Bumi dan Mars bisa sangat dekat satu sama lain tetapi tidak bertabrakan.

Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik ini jarak keduanya paling sedikit 54,6 juta kilometer. Konfigurasi ini disebut oposisi, dan itu terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Mars yang mendekati Bumi pulalah jadi salah satu alasan Amerika Serikat (AS), China, Uni Emirat Arab (UEA) pada Juli dan awal Agustus lalu meluncurkan misi ke Mars. Dengan memanfaatkan fenomena alam ini maka jarak tempuh dari Bumi ke Mars semakin singkat.

Prediksi jarak Mars ke Bumi terdekat akan terjadi pada 2029 dengan puncaknya pada 2035 dengan jarak 56,9 juta kilometer.


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading