Bye Corona! Vaksin Covid-19 Moderna Siap Dijual Maret 2021

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 October 2020 06:50
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Moderna jadi salah satu perusahaan farmasi terdepan dalam perlombaan penemuan vaksin Covid-19. Lantas kapan vaksin corona ditemukan dan hidup kembali normal?

CEO Moderna St├ęphane Bancel mengatakan vaksin corona yang dikembangkan perusahaan tidak akan siap untuk didistribusikan secara luas sebelum musim semi tahun depan (Maret-Juni 2021).

Selain itu, Moderna akan meminta otorisasi pengguna darurat vaksin kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) agar bisa disuntikkan ke tenaga medis yang menangani Covid-19 paling cepat tanggal 25 November 2020.


"Saya pikir [vaksin siap] akhir [kuartal pertama], awal [kuartal kedua] adalah waktu yang masuk akal untuk persetujuan, berdasarkan apa yang kami ketahui dari vaksin kami," kata Stephane Bancel, seperti dihimpun dari CBS News, Kamis (1/10/2020).

Seorang juru bicara Moderna mengonfirmasi komentar Bancel yang mencatat bahwa perusahaan mengharapkan data pengujian vaksin yang cukup untuk diajukan ke FDA untuk otorisasi penggunaan darurat pada 25 November.

Informasi saja, saat ini vaksin Moderna sedang tahap uji klinis fase tiga atau akhir. Uji coba ini dilakukan di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara dengan melibatkan lebih dari 30 ribu relawan.

Sebelumnya, Stephane Bancel mengatakan vaksin ini dijual dengan harga US$32 hingga US$37 per dosis pada sebagian orang. Bila dirupiahkan harganya setara Rp 468 ribu per dosis. Untuk dua dosis dibutuhkan biaya Rp 936 ribu per orang.

Stephane Bancel mengungkapkan selama pandemi, vaksin mRNA buatan Moderna akan dijual di bawah nilai wajarnya. Namun setelah pandemi berakhir harganya akan mengikuti harga pasar dan disesuaikan harga vaksin komersial lainnya, seperti dilansir dari CNBC International.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading