Pahlawan Digital UMKM Jadi Harapan di Tengah Pandemi Covid-19

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
21 September 2020 14:07
Press Conference Pahlawan Digital UMKM - 30 Inovator Digital Umkm (Tangkapan Layar Youtube KemenkopUKM)

Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM menggelar program Pahlawan Digital untuk mengapresiasi inovator digital UMKM.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengatakan inovasi dalam dunia digital membantu UMKM dan membuka peluang untuk bisa mengakses pasar lebih luas lagi.

"Bukan hanya sekedar akses, banyak membantu bisnis proses, rantai pasok, akses pembiayaan dan akses ke kewirausahaan. Saya optimis gerakan pahlawan digital ini akan motivasi anak muda untuk berkreasi di tengah situasi sulit," ujarnya dalam konferensi pers "Pahlawan Digital UMKM - 30 Inovator Digital Umkm" di Jakarta, Senin (21/9/2020).


Saat ini, terpilih 30 inovator digital UMKM dengan berbagai lini bisnis yang terbesar di tanah air. Ke-30 inovator ini nantinya akan dipilih 10 orang yang terbaik untuk bisa bermitra dengan pemerintah.

"UMKM butuh mereka, akses ke market, meningkatkan kapasitas produksi, akses suplai bahan baku, ini luar biasa, karena itu kita menyebut mereka pahlawan, menghidupkan orang," terangnya.

Sementara itu, Penggagas Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung berharap dengan bootcamp yang akan dilakukan selama 3 pekan mulai 23 September sampai 9 Oktober, 30 Inovator digital UMKM ini akan semakin berkembang.

"30 pahlawan digital semakin besar lagi dan semakin banyak UMKM yang mendapatkan akses dari jasa mereka ini. Inovasi ini ke lebih banyak UMKM agar sejahtera," katanya.

Selanjutnya, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan di tengah masa sulit memang perlu inovasi agar mampu bangkit menggerakkan ekonomi Indonesia. Apalagi, market Indonesia yang berjumlah 270 juta, tak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah saja.

"Tapi dengan adanya start up banyak ini, merangkul jadi lebih banyak. Kebayang seluruh Indonesia bisa tercover," ujarnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama Director Shopee, Handhika Jahja mengatakan Shopee menjadi salah satu pihak yang akan turut serta meramaikan booth camp yang akan digelar. Akan banyak hal yang dibagikan Shopee bagi 30 inovator digital tersebut.

"Dari sisi bisnis strategi, bagaimana UMKM bisa lebih banyak lagi, kita bisa sharing, sehingga UMKM bisa terlibat. Bagaimana mereka bisa mulai dari titik lebih baik lagi," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading