Internasional

Siap-siap YouTube Rilis Saingan TikTok, Shorts!

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
15 September 2020 10:07
(foto : Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - TikTok rupanya memiliki saingan baru. Perusahaan induk Google, Alphabet Inc akan meluncurkan produk layanan video pendek bernama Shorts, yang nantinya akan diaktifkan dalam platform YouTube.

Dalam postingan blog perusahaan pada Senin (14/9/2020), sebagaimana dikutip Reuters, Shorts akan berada di dalam YouTube dan akan menguji fitur ini di India selama beberapa hari ke depan. Nantinya produk Shorts ini akan berkembang ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan mendatang.



Produk baru YouTube, yang akan bersaing dengan Reel milik Facebook Inc dan TikTok milik ByteDance, akan memungkinkan pengguna merekam video secara vertikal yang dibuat khusus ponsel pintar, yang dapat ditambahkan efek khusus dan soundtrack yang diambil dari perpustakaan musik.

Pengumuman keluarnya Shorts ini bersamaan dengan resminya kerja sama antara TikTok dan Oracle Corp agar tetap beroperasi di pasar Amerika Serikat, mengalahkan Microsoft Corp dalam kesepakatan yang terstruktur sebagai kemitraan dan bukan penjualan langsung.




Masuknya YouTube ke dalam ruang layanan video pendek juga bertepatan dengan larangan TikTok di salah satu pasar terbesarnya, India, menyusul meningkatnya ketegangan antara negara tersebut dengan China.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading