Cara Setop Bom Teks yang Bikin WhatsApp Android Crash

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 September 2020 15:51
WhatsApp


Jakarta, CNBC Indonesia - Para pengguna WhatsApp Android dan iPhone sedang dibuat khawatir dengan adanya bom teks yang membuat WhatsApp tak bisa dibuka alias crash. Tetapi ada cara untuk menghentikannya.

Penemuan bom teks ini diinformasikan oleh laman WABetaInfo, yang sering membocorkan update-update terbaru WhatsApp. Bom teks adalah pesan aneh yang berisi karakter aneh pembawa "crach code".


Pesan aneh tersebut sebenarnya tidak masuk akan, tetapi WhatsApp mungkin menafsirkan pesan tersebut secara salah. Terkadang WhatsApp juga tak me-render pesan secara total karena strukturnya yang aneh sehingga WhatsApp menjadi tak bisa dibuka.

Pakar privasi digital ProPrivacy Ray Walsh memaparkan ada dua cara yang bisa digunakan pengguna WhatsApp agar terhindari dari bom teks ini. Pertama, membatasi siapa yang dapat menambahkan kamu ke dalam sebuah grup chatting.

Ini bisa mengurangi risiko kamu terekspos orang asing yang mungkin berbagi pesan. Caranya, buka pengaturan (setting) WhatsApp, buka bagian 'Privasi' dan ubah pengaturan 'Grup' sehingga hanya kontak kamu yang dapat menambahkan ke grup.

Bagi yang mendapatkan pesan bom teks ini bisa bisa menghapusnya melalui WhatsApp Web. Namun ini jika WhatsApp Web sudah terhubung dengan WhatsApp ponsel secara otomatis. "Hapus pesan bom teks dan blokir orang yang mengirimnya," ujar Ray Walsh, seperti dikutip dari TechRadar, Rabu (9/9/2020).

Kabar baiknya WhatsApp sudah mengetahui mengenai pesan berbahaya ini dan segera bertindak untuk memastikan pengguna tetap nyaman menggunakan aplikasi chatting ini.

"WhatsApp telah merilis dan sudah mulai meluncurkan tambalan yang membahas hal ini dalam update perangkat lunak iOS terbaru. Aplikasi WhatsApp dan sistem operasi seluler selalu diperbarui dan download update kapan pun tersedia," terang WhatsApp.


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading