Menristek Sebut 98 Juta Warga RI Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 September 2020 15:34
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi mengatakan bahwa 98 juta masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan akan mendapatkan vaksin gratis.

"Yang pasti PBI, BPJS [Kesehatan] kalau tidak salah sekarang jumlahnya 97-98 juta orang akan dapat vaksin gratis. Tentunya pemerintah dan Kemenkes melihat lagi atau bagaimana biaya vaksin di luar PBI. Ini informasi awal belum menyeluruh," ujarnya saat RDP dengan DPR Komisi VII dan Lembaga Eijkman di Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, harga vaksin memang masih sedang dihitung mengingat belum ada vaksin yang siap 100%. Berapa harga nantinya, semua tergantung siapa yang memproduksi vaksin tersebut. Untuk itu, pemerintah mendukung pengembangan vaksin merah putih yang semuanya disiapkan oleh anak bangsa. 


"Berarti ada pengaruh harga, kita tak ingin harga vaksin tinggi, tergantung vaksin luar. Karena itu (vaksin merah putih) unsur kemandirian, supaya harga yang dibayar wajar," ujarnya.

Sebelumnya dia mengatakan, Indonesia membutuhkan vaksinasi dua pertiga penduduk atau 176 juta orang. Jika satu orang butuh dua dosis maka dibutuhkan 353 juta dosis vaksin merah putih.


Saat ini pengembangan vaksin merah putih masih menunggu ekspresi protein rekombinan yang akan menjadi antigen dalam vaksin tersebut. "2-3 bulan ke depan akan uji pada hewan, baik kecil maupun lebih besar seperti monyet," ujar Ketua LBM Eijkman Institute Amin Soebandrio.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading