Anggaran Vaksin Corona Tahun Ini Rp3,8 T, Tahun Depan Rp37 T

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
07 September 2020 13:38
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin kampanye pakai masker di komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Minggu (30/8/20). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo memimpin Sidang Kabinet Paripurna bertema Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/9/2020). Salah satu yang dibahas adalah mengenai pengadaan vaksin.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa pemerintah menyiapkan dana triliunan untuk pengadaan vaksin. Angka yang dia sebut usai Sidang Kabinet Paripurna tersebut berubah dari angka sebelumnya.

"Pemerintah sudah menyiapkan dana untuk tahun ini sebesar Rp 3,8 triliun dan tahun depan secara multiyears ada Rp 37 triliun," kata Airlangga dalam konferensi pers usai Sidang Kabinet Paripurna.


Vaksinasi Covid-19 memang jadi prioritas pemerintah di tahun 2021. Saat ini, sejumlah perusahaan tengah menyiapkan produksi dan berbagai uji coba.

"Karena pengadaan vaksin ini beberapa perusahaan sudah mempersiapkan. Yaitu vaksin merah putih dipimpin oleh Kemristek BRIN, bersama lembaga Eijkman."

"Kemudian biofarma yang telah melakukan kerjasama tadi dilaporkan juga terkait dengan Sinovac yang juga menyiapkan 290 juta dan juga yang dari G42 itu itu menyiapkan 30 juta di tahun ini," tandasnya.

Pada akhir tahun ini ditargetkan 30 juta vaksin sudah tersedia untuk diimunisasikan. Proses imunisasi inilah yang kini tengah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Kementerian Kesehatan juga akan menyiapkan untuk operasionalisasi daripada vaksinasinya yang diperkirakan bisa dimulai di awal tahun dengan masuknya 30 juta vaksin diharapkan di akhir tahun ini," kata Airlangga.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading