Ini Obat Khusus Agar Nomor HP Tidak Dibobol M-Bankingnya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 September 2020 11:19
Infografis: Tips Agar Mobile Banking Aman

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi kamu yang menggunakan mobile banking (m-banking) atau internet banking tetapi berganti SIM card seluler ikuti cara ini agar rekening bank aman dari pembobolan.

"Segera informasikan ke bank bahwa nomor ponsel Anda berubah dan ganti PIN yang tidak mudah ditebak penjahat," ujar Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja kepada CNBC Indonesia, Jumat (4/9/2020).

Iya, mengabaikan nomor ponsel lama yang masih terkoneksi dengan akun m-banking atau internet banking dan tidak menginformasikan nomor baru ke bank bisa menjadi jalan bagi para pejahat atau hacker menguras isi rekening bank.


Pasalnya, nomor ponsel lama ini akan dikirimi password one time password (OTP) yang digunakan untuk bertransaksi. Jika nomor ponsel lama ini jatuh ke tangan penjahat mereka bisa melakukan aksi kejahatan perbankan. Mereka tinggal mencari informasi pribadi kamu. Teknik yang biasa digunakan adalah social engineering.

Social engineering adalah praktik kejahatan dengan menyakinkan korban untuk memberikan data pribadi kepada penjahat.

Mengganti nomor PIN juga harus dilakukan segera. Pasalnya, nomor PIN yang mudah ditebak merugikan pengguna karena dianggap sebagai bentuk kelalaian pengguna.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading