Soal Prangko Jokowi-Ma'ruf di HUT Ke-75 RI, Ini Kata Wapres

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
19 August 2020 14:58
K.H MA'RUF AMIN, Wakil Presiden RI. (Dok: Tangkapan layar Kemkominfo TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Prangko tak hanya sebagai alat bayar benda pos, namun juga menjadi bagian penting dari sebuah peristiwa bersejarah hingga menjadi media visualisasi nilai-nilai masyarakat dan kedaulatan bangsa.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin saat peluncuran Prangko Seri Presiden RI dan Wakil Presiden RI secara virtual di Jakarta, Rabu (19/8/2020).

"Prangko punya unsur aktualitas yang berkaitan dengan kejadian di suatu waktu. (Prangko) kepingan kecil, sarat makna berbagai fenomena," katanya.


Sejalan dengan kemajuan teknologi, menurutnya ada pergeseran dalam berkomunikasi, Kini, prangko memang tak banyak digunakan untuk pos pengiriman, namun bukan berarti prangko tak lagi bernilai. Sebab, melalui prangko, benda kecil ini nyatanya memiliki fungsi khusus untuk mengabadikan momen sebagai suatu diplomasi.

"Peminat prangko menembus batas usia, geografis. Prangko klasik menjadi koleksi tinggi digemari oleh kolektor di Indonesia dan dunia," tegasnya.

Adapun hari ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI resmi meluncurkan 4 seri prangko. Pertama adalah seri prangko Presiden dan Wakil Presiden RI, kedua seri 75 tahun Indonesia, berikutnya seri penanggulangan Covid-19 dan terakhir seri artis grup musik ternama.

Prangko Seri Presiden RI dan Wakil Presiden RI. (Dok: Tangkapan layar Kemkominfo TV)Foto: Prangko Seri Presiden RI dan Wakil Presiden RI. (Dok: Tangkapan layar Kemkominfo TV)

"Sejarah mencatat bahwa Indonesia adalah bangsa besar, oleh karena itu prangko menjadi penting untuk diterbitkan. Prangko seri penanggulangan Covid-19, salah satu wujud apresiasi pemerintah kepada dokter dan tenaga medis, menjadi garda terdepan, dan menunjukkan semangat dan integritas tinggi membantu sesama menghadapi pandemi Covid-19," ujarnya.

Sementara untuk prangko seri berikutnya yaitu artis dan grup musik ternama sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap seniman dan ekonomi kreatif dalam memberikan karyanya. Dia berharap semoga para seniman dan musisi bisa terus berkarya dan mengobarkan semangat, termasuk saat ini di mana bangsa Indonesia tengah berjuang melawan Covid-19.

"Dengan mengucap bismillah, meluncurkan perangko seri Presiden-Wakil Presiden, seri HUT RI ke 75, seri penanggulangan Covid-19 dan seri artis grup musik ternama," tegasnya.

Sebagai informasi, empat seri prangko tersebut mempunyai ciri khas. Untuk seri pertama dengan nominal Rp 1.000 terdapat masing-masing foto Presiden RI, Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. Seri kedua adalah Seri 75 Tahun Indonesia, yang bergambar peta Indonesia dengan nominal Rp 7.500.

Ketiga adalah Seri penanggulangan Covid-19, dengan berbagai macam gambar yang memuat para tenaga kesehatan dan relawan yang berjuang di garda terdepan dengan nominal Rp 3.000. Seri terakhir adalah grup musik ternama.

Seri terakhir ini, untuk toko artis diantaranya adalah Titiek Puspa, Almarhum Gesang, Almarhum Gombloh dan Almarhum Chrisye yang masing-masing memiliki nominal Rp 3.000. Sementara untuk empat grup musik yang diabadikan dalam prangko terbaru ini antara lain Koes Ploes, Panbers, God Bless dan Bimbo, yang sebagian perwakilannya hadir dalam peluncuran prangko tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading