Trump Dukung Oracle Caplok TikTok, Microsoft Gimana?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
19 August 2020 09:45
President Donald Trump arrives for a news conference at the White House, Tuesday, July 21, 2020, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendukung aksi Oracle Corp yang ingin mencaplok TikTok. Trump menyebut Oracle sebagai perusahaan bagus yang bisa mengambilalih aplikasi video pendek milik Bytedance ini.

Hal ini disampaikan Trump sebagai tanggapan akan adanya rumor Oracle sedang dalam tahap pembicaraan awal untuk menjajaki pembelian TikTok, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/8/2020).

Namun Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin tak bersedia berkomentar soal rumor ini. Namun ia mendukung perusahaan AS mengambilalih TikTok demi perlindungan data pengguna AS.


""Kami melihat semua sudah pandang yang berbeda dan saya dapat memastikan kesepakatan apa pun yang tercapai akan memastikan data Amerika terlindungi dan TikTok menjadi perusahaan yang berbasis di AS," ujar Steve Mnuchin pada CNBC International.

Sebelumnya, Financial Times melaporkan Oracle yang dikendalikan oleh miliarder Larry Ellison, bekerja dengan investor TikTok AS termasuk General Atlantic dan Sequoia Capital, sedang mempertimbangkan tawaran untuk operasi aplikasi pembuat video asal China di AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Namun Oracle dan TikTok tidak bersedia mengkonfirmasi pemberitaan tersebut. Trump memberikan waktu hingga 90 hari agar perusahaan AS membeli atau TikTok diblokir selamanya di AS.

Hingga saat ini baru Microsoft yang terang-terangannya dan telah mengumumkan adanya diskusi dengan Bytedance untuk mencaplok TikTok AS. Petinggi Microsoft juga sudah menyampaikan rencana aksi korporasi ini ke Presiden Trump.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading