Internasional

Susul Bezos, Mark Zuckerberg Kini Bergelar Centibillionaire

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 August 2020 08:13
Facebook CEO Mark Zuckerberg speaks about

Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti ketiban durian runtuh, pendiri Facebook Mark Zuckerberg mendapat penambahan kekayaan pribadi menjadi US$ 100 miliar atau setara dengan Rp 1.460 triliun (kurs Rp 14.600/US$) setelah peluncuran Reels di Instagram.

Hal ini terungkap dalam Bloomberg Billionaires Index. Sebelumnya pada Rabu pekan lalu, Facebook mengumumkan peluncurkan Instagram Reels di AS, saingan aplikasi dari China TikTok yang kontroversial.

Dengan demikian, Zuckerberg kini telah bergabung dengan Jeff Bezos dan Bill Gates dalam kelompok Centibillionaire Club yakni mereka yang mereka memiliki kekayaan bersih di atas US$ 100 miliar. Bezos dan Gates juga mendapatkan tambahan keuntungan dalam kekayaan mereka pekan ini.


Sebelumnya Bezos, pendiri Amazon (dengan kekayaan bersih US$ 189,8 miliar), yang kekayaannya naik US$ 2,6 miliar dalam seminggu terakhir, menjual saham Amazon senilai US$ 3,1 miliar atau Rp 45 triliun pada Senin dan Selasa.

Kekayaan bersih Zuckerberg melewati ambang US$ 100 miliar pada 2 hari setelah peluncuran Instagram Reels, membuat saham Facebook melonjak 12% pada perdagangan Kamis dan Jumat pekan lalu.

Peluncuran Instagram Reels terasa semakin penting pada saat ini karena TikTok, aplikasi video format pendek milik perusahaan teknologi China, ByteDance, telah menjadi sasaran kemarahan Presiden AS Donald Trump.

Trump menegaskan pada 31 Juli lalu bahwa dia akan melarang aplikasi tersebut, dengan alasan bahwa aplikasi asal China itu mengancam keamanan nasional.

Trump dan jajarannya mengeluarkan perintah eksekutif yang akan melarang orang Amerika berbisnis dengan ByteDance mulai 20 September 2020. Sebagai tanggapannya, ByteDance diketahui mengancam akan menuntut pemerintah AS.

Lima perusahaan teknologi terbesar AS, Apple, Amazon, Alphabet, Facebook, dan Microsoft, saat ini memiliki valuasi pasar yang setara dengan sekitar 30% produk domestik bruto (PDB) AS.

Di sisi lain, Chairman dan Managing Director Reliance Industries, Mukesh Ambani kekayaannya sudah melampaui Bernard Arnault, Chairman, dan CEO LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SA untuk menjadi orang terkaya keempat di dunia.

Kekayaan bersih Ambani pada Jumat naik sebesar US$ 326 juta menjadi US$ 80,2 miliar atau Rp 1.171 triliun dan menjadikannya orang terkaya ke-4 di dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading